Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panglima TNI Buat Simulasi Pengangkatan Badan AirAsia QZ8501

Kompas.com - 12/01/2015, 19:29 WIB
Andri Donnal Putera

Penulis

PANGKALAN BUN, KOMPAS.com - Panglima TNI Jenderal Moeldoko berjanji akan terus membantu Badan SAR Nasional (Basarnas) dalam pencarian pesawat AirAsia QZ8501.

Dia pun sudah berbicara secara khusus dengan kepala staf angkatan, baik Angkatan Laut maupun Angkatan Udara, untuk menggelar simulasi pengangkatan badan pesawat itu.

"Kita sudah diskusi dengan kepala staf angkatan bagaimana membangun simulasi pengangkatan badan pesawat itu. Nanti akan kita diskusikan di Jakarta," kata Moeldoko di Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Senin (12/1/2015).

Lokasi badan pesawat pun diyakini dekat dengan keberadaan cockpit voice recorder (CVR) yang sudah terdeteksi sebelumnya. CVR berada 20 meter dari jarak ditemukannya flight data recorder (FDR). Keduanya adalah bagian dari black box atau kotak hitam.

Moeldoko menambahkan pihaknya telah memikirkan segala kemungkinan yang ada terkait dengan teknis pengangkatan badan pesawat. "Apakah kita perlu pakai crane atau yang lain, ini juga sudah kita pikirkan," tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com