Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, Ekor Pesawat AirAsia QZ8501 Bisa Diangkat

Kompas.com - 10/01/2015, 12:22 WIB
Ihsanuddin

Penulis


PANGKALAN BUN, KOMPAS.com
 — Tim penyelam gabungan TNI Angkatan Laut akhirnya berhasil mengangkat bangkai ekor pesawat AirAsia QZ8501 dari dasar laut, Selat Karimata, dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Sabtu (10/1/2015). 

Pantauan Kompas.com dari KRI Banda Aceh, balon yang digunakan untuk mengangkat ekor pesawat mulai mengapung sekitar pukul 11.50 WIB. Ekor pesawat yang berwarna merah tua itu juga sesekali terlihat muncul di antara ombak. 

Proses pengangkatan ekor pesawat ini sudah dimulai sejak Kamis (7/1/2015) lalu. Namun, banyaknya tahapan yang harus dilakukan hingga kondisi alam yang tidak mendukung membuat proses pengangkatan memakan waktu cukup lama. 

Awalnya, penyelam harus melakukan pengikatan atau belting ke ekor pesawat. Adapun pengangkatan ini dilakukan salah satunya agar pencarian black box atau kotak hitam yang berada di bagian ekor pesawat menjadi lebih mudah. 

Sebelumnya, tim penyelam sudah mencoba melakukan pencarian black box saat ekor pesawat masih berada di dasar laut. Namun, black box belum bisa ditemukan karena jarak pandang penyelam yang pendek dan gelombang laut yang kencang. 

Dari deteksi sonar Kapal Navigasi Jadayat, ada dugaan black box sudah terpisah dari bagian ekor pesawat dan terbawa arus sejauh 1,7 mil laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com