Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Tergila-gila pada Sosok Bung Karno

Kompas.com - 08/01/2015, 18:55 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Setiap orang pasti memiliki sosok panutan yang menjadi inspirasi dalam hidup. Tak terkecuali Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengidolakan sosok Presiden Indonesia pertama, Ir. Soekarno. Saking tergila-gilanya dengan sosok Bung Karno, Emil bahkan memiliki beberapa koleksi yang dibanggakannya seperti patung dan puluhan foto serta lukisan sang revolusioner.

"Saya punya enam patung Bung Karno, lukisan juga banyak. Kalau tidak salah ada 34 lukisan (Bung Karno) dengan berbagai pose," kata Emil saat ditemui di mal Paris van Java, Sukajadi, Kota Bandung, Kamis (8/1/2015).

Kecintaan Emil terhadap Bung Karno tidak hanya dinikmati di rumahnya saja. Untuk menambah inspirasi, Emil bahkan memajang sebuah lukisan Bung Karno berukuran besar di ruang kerjanya yang baru saja selesai dirombak menjadi ruang kenegaraan, tempat dimana dirinya menerima tamu.

"Di ruang kerja ada tiga," ungkapnya.

Bukan soal tampang, kegagahan serta wibawa yang dimili Soekarno. Emil menilai lebih dari itu. Menurut dia, Bung Karno adalah sosok yang ideologis dan revolusioner dalam memimpin negara. Semua yang dimiliki oleh Bung Karno, kata dia, bisa dijadikan panutan dalam memimpin Kota Bandung.

"Kutipannya sangat relevan di segala zaman, jadi inspirasi saya secara leadership," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com