Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengungsi Sinabung Tetap Merayakan Natal dengan Meriah

Kompas.com - 25/12/2014, 15:36 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

KARO, KOMPAS.com - Seperti halnya perayaan Natal tahun lalu, pada hari ini pengungsi erupsi Gunung Sinabung tetap merayakan Natal secara meriah. Pengungsi merayakannya di pos pengungsian, Posko Utama Pendopo Bupati dan juga di gereja sekitar pos.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Kamis (25/12/2014), mengatakan, masyarakat Karo memiliki tradisi yang kuat merayakan perayaan apa pun termasuk Natal. Banyak bingkisan yang diterima pengungsi dari gereja maupun bantuan dari pihak luar.

"Masyarakat Sinabung saat ini sudah terbiasa dengan erupsi Gunung Sinabung karena sejak letusan pada September 2013 hingga saat ini masih tinggi aktivitas gunungnya," terangnya, Kamis.

Kata Sutopo, Gunung Sinabung saat ini berstatus Siaga atau level III. Pada Rabu (24/12/2014) hingga Kamis ini terjadi guguran 75 kali dan 2 kali awan panas guguran dengan jarak terjauh 2.000 meter ke selatan dan 2.000 meter ke tenggara. Guguran lava pijar dari puncak sejauh 1.500 meter ke selatan. Sejauh ini, tambahnya, jumlah pengungsi 2.443 jiwa atau 795 kepala keluarga (KK) yang berada di 7 titik pengungsian.

"Ketersediaan logistik dan peralatan mencukupi. Pelayanan kebutuhan dasar bagi pengungsi terlayani dengan baik," ucapnya.

Sementara itu, pembangunan 50 unit rumah untuk relokasi di kawasan Siosar sudah selesai 99 persen. Rumput-rumput di halaman rumah juga sudah ditanam. Jaringan listrik dari jalan raya menuju lokasi hunian tetap sebagian sudah terpasang. Pembangunan jalan sepanjang 9 kilometer juga sudah hampir selesai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com