Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Kecamatan di Banyuwangi Rawan Longsor

Kompas.com - 15/12/2014, 13:23 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Memasuki musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi telah memetakan wilayah rawan tanah longsor di wilayah Kabupaten Banyuwangi.

"Sudah kita petakan kecamatan-kecamatan yang rawan longsor di musim hujan di wilayah Kabupaten Banyuwangi. Terutama yang mempunyai wilayah pegunungan dan bukit," kata Eko Suprapto, Manager Pusat Pengendalian Opreasi BPBD Banyuwangi, Senin (15/12/2014).

Kecamatan tersebut berada di Kalibaru, Glenmore, Songgon, Licin, Glagah, Kalipuro, Giri, Kabat dan Pesanggaran. "Dengan memetakan wilayah rawan longsor, kita bisa menyusun rencana antisipasi seperti personal yang dikerahkan dan peralatan yang disiapkan," kata dia.

Eko mencontohkan wilayah Kecamatan Licin yang merupakan wilayah perbukitan dengan kontur yang buruk. "Banyak wilayah perbukitan yang gundul dan ini rentan longsor. Dan memang perilaku penebangan liar bepengaruh," kata dia.

BPBD Banyuwangi juga telah menyiagakan peralatan yang dibutuhkan jika terjadi bencana di antaranya perahu karet, pelampung, tenda, maknan siap saji dan sejumlah. "Kami sudah membentuk posko bencana di setiap kecamatan dan kami harap masyarakat juga waspada," kata Eko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com