Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gowes dari Bali ke Jakarta demi Temui Menteri Puspayoga

Kompas.com - 20/11/2014, 12:35 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Enam anggota Sekretariat Bersama Sepeda (Samas) Denpasar mengayuh sepeda yang diawali dari titik nol kota Denpasar, Bali dan akan berakhir di Bundaran Hotel Indonesia Jakarta. Keenam pesepeda itu adalah Dek Otel Sugiarta, Nyoman Dama, Wayan Wisnaya, Yusron, Mahayani, dan Dwi Puspita.

“Selain itu kegiatan ini juga serangkaian memperingati Hari Pahlawan serta Peringatan Puputan Badung yang jatuh pada hari ini 20 November. Peserta akan melewati jalur Pantura untuk sampai di Jakarta,” kata Ketua Rombongan, Dek Otel Sugiarta, Denpasar, Kamis (20/11/2014).

Dek juga menjelaskan, kegiatan yang bertajuk “Goes to Jakarta” ini diawali dengan etape I yakni Denpasar-Watu Dodol (143 kilometer). Garis start dari Patung Catur Muka menuju Pelabuhan Gilimanuk, menyeberang ke Ketapang dan berakhir di Watu Dodol Banyuwangi. Delapan etape akan dilalui dengan total jarak tempuh sekitar 1.254 kilometer, selama delapan hingga 10 hari perjalanan.

“Untuk perlengkapan, kami membawa sparepart sendiri serta membawa sleeping bag juga. Tidak menutup kemungkinan jika kami  kemalaman di jalan, kami akan backpacker menginap di SPBU, masjid, bila tidak ada hotel,” tambah dia.

Menurut Dek, yang terpenting adalah meneruskan semangat perjuangan para pahlawan, terlebih lagi sekarang harga bahan bakar minyak (BBM) naik, jadi pada intinya sepeda diharapkan bisa menjadi moda transportasi alternatif.

Selama kegiatan di Jakarta rencananya rombongan Samas Denpasar ini akan menemui Menteri Koperasi dan UKM RI asal Bali, Anak Agung Ngurah Puspayoga yang juga selaku Penasehat di Organisasi Kepengurusan Samas Denpasar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com