Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Solo Bikin Pospam dan Pasang CCTV di Areal Rumah Jokowi

Kompas.com - 23/10/2014, 16:30 WIB
SOLO, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Kota Surakarta melakukan peningkatan pengamanan di sekitar rumah Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kelurahan Sumber Banjarsari, Solo.

"Wali Kota Surakarta Pak FX Hadi Rudyatmo bersama pejabat muspida setempat telah rapat koordinasi, dan rencana membangun sebuah Pospam di dekat rumah Pak Jokowi di Sumber," kata Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol Iriansyah di Solo, Kamis (23/10/2014).

Menurut Iriansyah, Pemerintah Kota Surakarta segera menurunkan tim survei guna menentukan lokasi yang akan didirikan Pospam di Jalan Kutai Utara, kawasan Sumber, atau di depan rumah Jokowi.

Selain itu, kata Iriansyah, lokasi parkir kendaraan untuk rombongan Presiden saat pulang ke Solo pun tengah dipikirkan. Kemungkinan, areal parkir kendaraan Pasukan Pengamanan Presiden ada di Jalan Pleret Sumber.

"Namun, soal pengamanan Bapak Presiden itu, tetap di bawah koordinasi TNI merupakan bagian dari standar operasi prosedur (SOP) sebagai Kepala Negara," kata Iriansyah.

Dengan langkah langkah antisipasi itu, menurut Iriansyah, keamanan Presiden akan terjamin, tanpa harus mengganggu privasi Jokowi dan keluarganya. 

Dia mengatakan, rencana pendirian Pospam tersebut sesuai dengan SOP dari Paspampres,  "Hal ini, dilakukan seperti di Istana Cikeas, untuk Presiden Jokowi memiliki rumah rakyat di Sumber dengan fasilitas pengamanan setingkat RI satu," kata dia.

Namun, kata Iriansyah, luas lahan di Jalan Kutai Utara Sumber Solo relatif sempit, yakni hanya sekitar tiga hingga empat meter meter, dengan panjang sekitar 500 meter.  Kondisi ini akan menyulitkan saat iring-iringan Presiden dan pengawalnya melintas.

Selain itu, polisi juga akan memasang alat Closed Circuit Television (CCTV) di sejumlah titik, juga sebagai langkah antisipasi.

Sebelumnya, hari ini ada rencana simulasi bagi anggota Polresta Surakarta untuk meningkatkan keterampilan pengamanan VIP di kawasan parkir Manahan Solo. Namun, acara itu tertunda karena ada kasus pengamanan akibat kerusuhan suporter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com