Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Acara Nonton Bareng Pelantikan Jokowi Sepi Peminat

Kompas.com - 20/10/2014, 11:55 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Acara nonton bareng pelantikan Presiden VII RI Joko Widodo yang digelar di Kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah di Jalan Brigjen Sudiarto, Semarang, Senin (20/10/2014) terlihat sepi peminat.

Dari ratusan kursi yang dipersiapkan berderet, hanya ada sekitar 25 kader dan relawan serta warga yang hadir. Pejabat struktural DPD PDI Perjuangan juga cuma terlihat beberapa orang. Meski begitu, mereka tampak serius menyaksikan acara pelantikan melalui layar besar di dalam ruangan.

"Mungkin karena hari Senin pada kerja dan pagi ya, jadi tidak banyak yang datang," ujar Nugroho (32), salah satu warga yang hadir.

Beberapa relawan dan sejumlah warga justru terlihat berdatangan saat acara pelantikan sudah hampir usai. Para tukang bakso, mie ayam, dan mie kopyok yang disiapkan oleh penyelenggara juga datang saat acara nonton bareng pelantikan itu sudah selesai.

Sebelumnya, Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng Heru Sudjatmoko meminta para kadernya untuk tidak merayakan pelantikan Jokowi-JK secara berlebihan. Justru para kader diimbau untuk merayakan atau menggelar syukuran secara sederhana dengan melibatkan seluruh masyarakat.

"Inti dari syukuran itu kan mendoakan kepemimpinan Jokowi-JK berjalan baik dan sesuai amanat rakyat," ujar dia.

Sedangkan, perayaan yang berlebihan apalagi bermewah-mewah dan hura-hura di jalan, menurut dia justru bisa berpotensi menimbulkan suasana tidak kondusif.

Sementara itu, Gabungan Relawan Jokowi direncanakan akan menggelar Syukuran Rakyat di Lapangan Pancasila, Simpanglima, Semarang, malam nanti. Acara syukuran di Simpanglima akan dimeriahkan dengan konser rakyat, makan gratis, pelepasan 750 lampion dan juga telekonferensi dengan Jokowi yang disiarkan salah satu stasiun TV swasta nasional.

Acara itu terbuka untuk masyarakat Semarang. Warga yang hadir diharapkan mengenakan baju putih dan tanpa membawa atribut partai dalam bentuk apapun. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com