Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sapi Berbobot 752 Kilogram Ini Dijual Rp 50.000 Per Kilogram

Kompas.com - 02/10/2014, 12:53 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Sapi berpunuk jenis Peranakan Ongole (PO) dipajang di depan Kantor Dinas Peternakan Jatim di Jalan Ahmad Yani, Surabaya, sejak Rabu (1/10/2014). Sapi berkulit putih seberat 752 kilogram itu dijual per kilogram seharga Rp 50.000.

Sapi milik anggota kelompok ternak binaan asal Lamongan, Jawa Timur, itu adalah satu dari ratusan hewan kurban sapi dan kambing yang ditawarkan dalam bazar hewan kurban yang digelar sejak kemarin sampai 5 Oktober nanti.

"Hewan-hewan kurban itu milik 15 kelompok ternak unggulan dari berbagai daerah di Jatim," kata Kepala Dinas Peternakan Jatim, Masykur, Kamis (2/10/2014).

Dengan mengajak peternak binaan, dijamin masyarakat dapat memperoleh daging kurban halal dan berkualitas. "Seluruh hewan ternak kurban yang diperdagangkan di Bazar Ternak Kurban dilengkapi surat keterangan sehat sehingga dijamin bebas penyakit," tambah dia.

Bazar hewan kurban, kata dia, juga diharapkan dapat mencegah penyakit zoonosis yang mampu ditularkan melalui tata niaga hewan kurban, serta membantu masyarakat dalam memperoleh daging kurban yang aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH).

Selain sapi PO seberat 752 kilogram, juga ada sapi jenis Limosin seberat sekitar 9 kuintal milik kelompok ternak UD Sumbersari Lamongan, serta kambing peranakan Etawa seberat lebih dari 30 kilogram yang dijual dengan harga Rp 5 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com