Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bunga Rafflesia Kembali Mekar di Bengkulu

Kompas.com - 10/09/2014, 11:50 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis


BENGKULU, KOMPAS.com - Sekuntum bunga rafflesia kembali mekar di Kabupaten Kepahiang tepatnya di Hutan Lindung Bukit Daun Register 5, Provinsi Bengkulu, Rabu (10/9/2014).

Jarak bunga tersebut berkisar 300 meter dari jalan raya lintas Bengkulu-Lubuk Linggau Sumsel atau dikenal dengan kawasan liku sembilan. Bunga tersebut memiliki diameter 50 sentimeter.

"Bunga tersebut telah mekar sekitar satu minggu lebih," kata Cholidin, salah seorang warga yang menjaga bunga tersebut.

Selanjutnya, lanjut Cholidin, diperkirakan sekitar dua minggu ke depan akan mekar kembali bunga rafflesia yang lain dari bongkol yang kini berada tak jauh dari bunga yang telah mekar tersebut.

Mekarnya bunga rafflesia tersebut menjadi momen tersendiri bagi masyarakat yang kebetulan melewati jalan tersebut sekedar untuk singgah dan mengabadikan momen langka tersebut. Bunga ini tak boleh disentuh saat mekar karena dapat mempercepat pembusukan bunga.

Mengunjungi lokasi mekarnya bunga rafflesia pengunjung diminta untuk berhati-hati saat berjalan karena bisa saja pengunjung dapat merusak bongkol calon bunga yang biasanya banyak bertebaran di sekitar bunga yang tengah mekar.

Bunga Rafflesia merupakan bunga khas yang banyak ditemukan tumbuh di dalam kawasan hutan Bengkulu. Sayangnya, banyak pelancong ke Bengkulu tak dapat menikmati secara langsung mekarnya bunga tersebut.

Untuk menjumpai bunga yang tengah mekar tersebut, pelancong harus rela berjalan kaki dengan jarak ratusan meter ke dalam kawasanhutan lindung. Saat ini, pemerintah setempat sedang mengupayakan pengawetan bunga tersebut untuk menjadi salah satu koleksi museum di Bengkulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com