Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Organda Aceh Siapkan 4.500 Angkutan Lebaran

Kompas.com - 25/07/2014, 16:03 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Organisasi Angkutan Darat (Organda) Provinsi Aceh mengerahkan 4.500 unit bus untuk angkutan mudik Lebaran Idul Fitri 1435 H tahun ini.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Organda Aceh, Ramli mengaku sudah menyurati perusahaan otobus (PO) untuk menyiapkan bus-bus angkutan Lebaran. Angkutan-angkutan lebaran ini berupa bus berbadan besar dan mini bus jenis L-300.

Armada angkutan yang disediakan ini terdiri atas 409 bus berbadan besar, dan 4.091 unit mini bus jenis L-300. “Dengan armada yang cukup banyak ini, diharap bisa melayani para pemudik baik dalam kota antar provinsi maupun antar kota antar provinsi, seperti ke Sumatera Utara,” kata Ramli, Jumat (25/7/2014).

Masyarakat pengguna transportasi darat, tidak perlu khawatir mengenai ketersediaan angkutan mudik lebaran. Organda Aceh akan menyiapkan berapa pun jumlah angkutan untuk melayani kebutuhan transportasi darat di Aceh menjelang dan sesudah Lebaran.

Selain itu, sebut Ramli para supir juga akan dites kesehatannya untuk memastikan apakah mereka layak mengendarai angkutan atau tidak. “Ini akan dilakukan oleh pihak Jasa Raharja dan Dinas Kesehatan, demi keselamatan di jalan,” ujarnya.

Sementara itu, hingga H-3 Idul Fitri hari ini, belum terlihat lonjakan arus penumpang yang dari dan menuju Kota Banda Aceh, khususnya di terminal. “Namun sebenarnya laju pergerakan angkutan sudah sangat cepat, terutama untuk angkutan yang menuju kawasan barat-selatan Aceh, lonjakan penumpang tak terlihat di terminal karena angkutan jenis L-300 ini menjemput penumpang ke rumah mereka masing-masing,” kata dia.

Untuk pengamanan arus mudik tahun ini, kepolisian daerah aceh mengerahkan 660 personel kepolisian dalam sebuah operasi yang diberi nama operasi ketupat rencong tahun 2014. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com