Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Menang di Seluruh Kecamatan di Kabupaten Banyuwangi

Kompas.com - 16/07/2014, 21:23 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com — Pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla menang di Banyuwangi dengan meraih 539.652 suara atau 59,87 persen dari total DPT Kabupaten Banyuwangi.

Hal tersebut diumumkan di dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kabupaten Banyuwangi, Rabu (16/7/2014).

Jokowi meraih suara tertinggi di semua kecamatan di wilayah Kabupaten Banyuwangi yang berjumlah 24 kecamatan. Sementara itu, Prabowo Subianto meraih sebanyak 361.727 suara atau 40,13 persen.

"Tingkat partisipasi pemilih untuk pilpres ini sebanyak 901.379 suara atau 71,88 persen. Meningkat dibandingkan pada pileg lalu yang hanya 68 persen. Sedangkan total suara yang tidak sah ada 5.834 suara," ungkap Syamsul Arifin, Ketua KPU Kabupaten Banyuwangi.

Dia menjelaskan, semua saksi dari kedua calon sudah menerima keputusan dan menandatangani berita acara. "Jadi semuanya sudah final dan pasangan nomor urut 2 Jokowi-JK menang di Banyuwangi. Kalaupun ada yang keberatan nanti akan disampaikan pada berita acara," kata dia.

Sementara itu, walaupun sudah diputuskan, Dwi Wahyu, saksi dari PKS kubu Prabowo-Hatta mengajukan keberatan karena di Kecamatan Muncar, pemilih yang menggunakan KTP lebih dari dua persen.

"Di Kedungrejo pemilih yang menggunakan KTP sebanyak empat persen, sedangkan di Tembokrejo itu tiga persen. Dan ini kan melanggar undang-undang yang hanya memperbolehkan pemilih menggunakan KTP sebanyak dua persen. Alasannya sih katanya banyak nelayan yang tidak melaut karena cuaca buruk sehingga mereka menggunakan hak suaranya," kata Dwi.

Sementara itu, berdasarkan hasil rekapitulasi dari 24 kecamatan di Banyuwangi, suara Jokowi di Kecamatan Muncar tinggi, yaitu 43.152 suara, dan pasangan Prabowo-Hatta hanya meraih 27.741 suara.

Menurut Dwi, dari perhitungan tabulasi yang diadakan intern PKS, pasangan Prabowo-Hatta meraih 48 persen suara dan pasangan Jokowi-JK meraih 52 persen. "Kami menerima tapi ya dengan catatan," kata dia.

Padahal, sebelumnya pada Rabu (9/7/2014) lalu, menurut Eko Susilo, Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Hatta Kabupaten Banyuwangi mengklaim berdasarkan hasil hitung cepat yang dilakukan oleh relawan, Prabowo-Hatta menang di Banyuwangi dengan persentase 52 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com