Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada yang Sobek dan Salah Cetak, Banyuwangi Kekurangan 2.631 Surat Suara

Kompas.com - 01/07/2014, 16:35 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Banyuwangi menemukan beberapa kertas suara yang rusak.

"Total ada 1.115 kertas suara yang rusak seperti sobek, gradasi warna yang berbeda dan juga salah cetak. Penemuan kertas suara yang rusak tersebut saat pelipatan dan penyortiran yang melibatkan 90 orang," ungkap Dwi Anggraini, anggota KPUD Banyuwangi, Selasa (1/7/2014).

Temuan tersebut setelah KPUD Banyuwangi selesai melipat kertas suara pada minggu lalu. Total kertas suara pilpres yang dikirim sebanyak 1.287.411, dari kebutuhan 1.288.297.

"Kebutuhan tersebut sudah plus 2 persen dari total kertas suara yang diperlukan. Setelah kita hitung ternyata kita masih kurang 2.631 kertas suara pilpres 9 Juli 2014 nanti," jelas Dwi Anggraini.

Untuk mencukupi kekurangan kertas suara tersebut, pihak KPUD banyuwangi sudah mengirim surat untuk mengganti surat suara yang rusak kepada KPU Provinsi Jawa Timur.

"Kami berharap minggu ini pengganti kertas suara tersebut sudah datang dan akan kami distribusikan. Semoga 2 atau 3 hari sebelum pilpres semuanya sudah terkirim. Kami menargetkan kertas suara dalam 1 hari dikirim untuk 4 sampai 5 kecamatan dari yang paling jauh dulu. Optimis lah semua sesuai jadwal," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com