Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Pengalaman dan Gagasan, Jokowi Siap Berdebat

Kompas.com - 14/06/2014, 13:59 WIB
Indra Akuntono

Penulis


SOLO, KOMPAS.com
-- Calon presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai siap menghadapi debat calon presiden seri kedua. Alasannya karena Jokowi dianggap memiliki pengalaman di pemerintahan dan konsep mengenai pembangunan ekonomi.

"Tentu Pak Jokowi siap karena beliau capres yang punya konsep dan pengalaman memimpin di pemerintahan," kata politisi PDI Perjuangan, Nusyirwan Soejono, saat dihubungi, Sabtu (14/6/2014).

Anggota Komisi V DPR itu melanjutkan, kemampuan Jokowi nanti akan dipertajam dengan dukungan data terkini dari tim pemenangannya. Salah satu masukan dari tim tersebut adalah mengenai evaluasi pelaksanaan pembangunan ekonomi dan kendala tercapainya kesejahteraan rakyat.

Dalam persiapannya, kata Nusyirwan, Jokowi dan tim akan menganalisa dan mencari solusi di mana letak permasalahan pembangunan ekonomi Indonesia. Tingginya pinjaman luar negeri dan impor, serta persoalan infrastruktur yang tidak bisa diatasi oleh pemerintahan saat ini, bakal menjadi fokus utama Jokowi. "Paparan dalam debat nanti tidak lagi normatif, tapi sudah teknis," ujarnya.

Sebelumnya, anggota Tim Pemenangan Jokowi-Jusuf Kalla pada Pemilu Presiden 2014, Budiman Sudjatmiko mengatakan, ada tim khusus yang ikut membantu Jokowi mematangkan persiapan, termasuk bantuan ahli dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Imam Sugema.

Tim tersebut hanya akan memberikan bantuan data dan Jokowi akan menentukan sendiri mengenai ide, gagasan, serta materi debatnya. Debat antar-capres akan digelar di Jakarta, Minggu (15/6/2014) malam. Dalam debat ini, topik yang diangkat adalah pembangunan ekonomi dan kesejahteraan sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com