Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solar Subsidi Langka, Ratusan Sopir Truk Demo

Kompas.com - 26/05/2014, 12:40 WIB
Kontributor Kompas TV, Ananda Eka Putra

Penulis


PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Ratusan sopir truk yang tergabung dalam Aliansi Supir Truk Kalteng menggelar unjuk rasa di Palangkaraya, Senin (26/5/2014). Para sopir menggelar aksi menyusul sulitnya mendapatkan BBM bersubsidi jenis solar di Palangkaraya.

Diawali konvoi beriringan melewati sejumlah jalur protokol kota, aksi dilanjutkan dengan orasi dan pembentangan spanduk berisi tuntutan.

Kelangkaan solar subsidi menurut Koordinator Aliansi Supir Truk Kalteng, Ismail disebabkan tindakan oknum polisi yang bermain di SPBU. Menurut Ismail, para sopir truk saat ini membayar satu liter solar di SPBU seharga Rp 6.000.

Harga ini berbeda jauh dengan harga yang ditetapkan pemerintah. Sementara jika membeli di tingkat pengecer harga jual per liter mencapai Rp 11.000.

“Dulu kita pernah demo begini, tapi terjadi lagi. Karena ada oknum Polri dan TNI jadi mafia di SPBU, kami bayar enam ribu perliter, ngantri dari malam bisa enggak dapat” kata Ismail.

Tidak hanya mahal, para sopir juga mengeluhkan sulitnya mendapat solar subsidi. Jika ingin mendapat solar subsidi harus mengantre sejak malam sebelumnya untuk mendapat solar esok hari. Bahkan terkadang mereka harus menganter lebih dari dua puluh empat jam.

Sempat terjadi debat antara koordinator aksi dengan Ketua DPRD Palangkaraya, Sigit K. Yuniarto. Menurut pendemo, pemerintah kota Palangkaraya tidak dapat menyelesaikan masalah ini dan justru terkesan melakukan pembiaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com