Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di TPS Ini, Pemilih Wajib Tendang Bola ke Gawang

Kompas.com - 09/04/2014, 11:24 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Berbagai cara dilakukan petugas pemungutan suara untuk menarik pemilih datang dan memberikan hak pilihnya. Di Surabaya, sebuah Tempat Pemungutan Suara (TPS) dikemas dengan nuansa Piala Dunia.

Usai mencoblos, pemilih pun diwajibkan menendang bola ke gawang. Aktivitas itu tetap terlihat seru, meski tidak ada hadiah khusus bagi penendang yang berhasil memasukkan bola ke gawang ukuran kecil di depan kotak suara.

Pemandangan ini terlihat di TPS 8, wilayah Kelurahan Kebonsari, Kelurahan Jambangan, Surabaya.

Petugas memberikan makanan ringan tradisional jenis ubi-ubian bagi semua undangan pemilih baik yang berhasil memasukkan bola maupun tidak.

Konsep piala dunia 2014 itu, kata Ketua PPS 8, Yuwono, hanya salah satu cara meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Legislatif di Kelurahan Kebonsari.

"Kebetulan momentum pileg ini menjalang Piala Dunia 2014, jadi kami ramaikan mulai sekarang," kata dia.

Di TPS yang berlokasi di Jalan Raya Kebonsari itu, tujuh orang petugas pemungutan suara mengenakan kostum kesebelasan negara peserta sepakbola Piala Dunia 2014. Bola-bola berwarna kuning juga digantung di sejumlah titik.

Sebagian petugas bahkan mengecat wajahnya dengan warna kebanggaan tim kesayangannya.

Selama waktu pencoblosan, soundtrack piala dunia 2014 Brazil terus diputar. Yuwono berharap, cara tersebut efektif akan meningkatkan partisipasi pemilih di wilayahnya.

"Jika cara ini berhasil, akan terus diterapkan pada setiap kali momentum pemungutan suara, baik Pilpres, Pilwali, atau Pilgub Jatim lima tahun nanti," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com