Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Kesiapan Logistik Pemilu 2014, KPU DKI Pantau KPU Kota

Kompas.com - 06/03/2014, 11:33 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta melakukan monitoring (pemantauan) ke lima KPU wilayah Jakarta. Ketua KPU DKI Sumarno mengatakan pemantauan ini bertujuan untuk melihat kesiappan logistik Pemilu 2014.

"Hari ini, kita akan bersama-sama melihat logistik pemilu DKI Jakarta dengan meninjau beberapa wilayah kota," kata Sumarno di KPU DKI, Budi Kemuliaan, Jakarta, Kamis (6/3/2014).

Adapun yang menjadi fokus dalam pemantauan itu adalah terkait kesiapan kondisi logistik, seperti kotak suara, bilik, dan surat suara (penyortiran dan pelipatan).

Surat suara terdiri dari surat suara DPR RI, Daerah Pemilihan (Dapil) DKI 1 DPR RI (Jakarta Timur), Dapil DKI 2 DPR RI (Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan luar negeri), Dapil DKI 3 DPR RI (Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu).

Kemudian surat suara DPD RI, Dapil DKI Jakarta (35 calon DPD DKI Jakarta), serta surat suara DPRD DKI Jakarta, yang terdiri dari 10 dapil, yakni Dapil DPRD DKI 1 (Jakarta Pusat), Dapil DPRD DKI 2 dan 3 (Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu), dapil DPRD DKI 4, 5, dan 6 (Jakarta Timur), dapil DPRD DKI 7 dan 8 (Jakarta Selatan), dan dapil DPRD DKI 9 dan 10 (Jakarta Barat).

"Belum tentu semua surat suara dalam keadaan baik. Pasti ada yang masih robek atau cetakannya kurang jelas, makanya kita sortir. Kalau ada kekurangan kita minta kembali kepada KPU RI," kata Sumarno.

Ia melanjutkan, ketersediaan logistik yang dibiayai oleh APBN 2013 berupa kotak bilik dan sampul oleh KPU DKI dan kelengkapan tempat pemungutan suara (TPS) oleh KPU kabupaten/kota. Kesiapan KPU kabupaten/kota, kata dia, akan terus ditingkatkan untuk menjaga logistik tetap optimal.

Adapun rute pemantauan pengecekan kesiapan logistik Pemilu 2014, mulai dari KPU Jakarta Pusat-KPU Jakarta Selatan-KPU Jakarta Barat-KPU Jakarta Utara-dan KPU Jakarta Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com