Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surat Suara Caleg DPD di Malang Sudah Ada yang Tercoblos

Kompas.com - 12/02/2014, 16:15 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis


MALANG, KOMPAS.com
- Surat suara untuk calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang sudah tiba di kantor KPUD Kota Malang, Rabu (12/2/2014), Jawa Timur, ditemukan sudah ada yang tercoblos.

"Untuk sementara, baru ada dua surat suara yang ditemukan dalam kondisi tercoblos, atau berlubang di salah satu calon," jelas Rusmifahrizal Rustam, anggota KPU Kota Malang Bagian Divisi Keuangan dan Logistik, kepada wartawan saat melakukan uji coba pelipatan, Rabu (12/2/2014).

Menurutnya, lubang surat suara tersebut terdapat di kolom foto masing-masing atas nama Muhammad Agus Muslim, calon nomor urut 6 dan Ahmad Moedja'i calon nomor 30.

"Kita akan cek ulang surat suaranya. Jika rusak, kita akan kembalikan ke percetakan dan kami akan memberikan berita acaranya," katanya.

Surat suara untuk pemilihan calon anggota DPD, ungkap Rusmifahrizal, dicetak oleh PT Temprina yang berlokasi di Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. "Yang rusak akan dikembalikan ke percetakan supaya diganti," katanya.

Jumlah surat suara DPD yang telah diterima KPU Kota Malang sebanyak 620.033 eksemplar. Adapun jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kota Malang mencapai 604.910 orang. "Surat suara dikirim sudah mencapai 776 kardus. Masing-masing kardus berisi 800 surat suara. Untuk penyortiran dan pelipatan dibutuhkan waktu paling cepat selama 7 hari kerja," kata Rusmifahrizal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com