Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status Naik Jadi Waspada, Gunung Kelud Masih "Tenang"

Kompas.com - 03/02/2014, 06:36 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com — Status aktivitas Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, naik dari Normal Aktif menjadi Waspada, Minggu (2/2/2014). Namun, belum ada aktivitas baru hingga Minggu malam, dari status tersebut.

"Belum ada perubahan, statusnya masih tetap Waspada. Saya barusan mengeceknya," kata Wakil Bupati Kediri Masykuri Iksan, ditemui Kompas.com seusai rapat koordinasi dengan perangkat desa yang ada di sekitar Gunung Kelud, Minggu malam.

Rapat yang digelar di Balai Desa Sugihwaras dan diikuti oleh semua kepala desa yang ada di Kecamatan Ngancar tersebut membahas skema tindak lanjut jika sewaktu-waktu status aktivitas Gunung Kelud meningkat lagi.

"Saat ini rapat awal. Besok pagi akan dilakukan pembahasan teknisnya," ujar Masykuri. Dia meminta masyarakat tetap tenang dalam melakukan kegiatan hariannya. Namun, dia juga meminta masyarakat waspada dengan situasi tersebut, sambil menunggu perkembangan yang ada.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, warga yang berada di kecamatan paling dekat dengan lokasi Gunung Kelud itu masih relatif kondusif. Warga masih tinggal di rumah masing-masing.

Gunung Kelud yang memiliki ketinggian 1.731 mdpl berada di perbatasan Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang. Aktivitas gunung ini menunjukkan lonjakan kali terakhir pada 2007.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com