Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pendaki Merapi Tertimpa Longsor

Kompas.com - 26/01/2014, 21:06 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

BOYOLALI, KOMPAS.com - Hujan deras berjam-jam di area gunung Merapi, Jawa Tengah, tepatnya di daerah Selo Boyolali, membuat dua pendaki tertimpa longsoran batu. Dua pendaki tersebut adalah Lubis (22), warga Solo dan Angel (21), warga Medan, Sumatera Utara.

Peristiwa tersebut terjadi pada Minggu (26/1/2014) pukul 11.00. Saat itu, hujan deras yang mengguyur daerah puncak Merapi, membuat kedua pendaki tersebut memilih untuk beristirahat di Pasar Bubrah yang berada di bawah puncak Merapi.

Dari keterangan yang diperoleh Kompas.com, rombongan pendaki memulai perjalanan turun setelah mendaki pada Sabtu kemarin. Saat berteduh di lokasi tersebut, tiba-tiba terjadi longsor batu dan menimpa kedua pendaki. Beberapa rekan yang selamat, mencoba menolong, namun karena kurang jumlah personel, salah satu rekan mereka turun untuk mencari pertolongan.

“Kita mendapat laporan dari salah satu pendaki bernama Rudi yang memberitahukan ada pendaki yang tertimpa longsoran dan terjepit di bagian kaki," kata Yohan, juru bicara Basarnas Jawa Tengah kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Minggu.

Hingga berita ini diturunkan, kedua pendaki sudah diselamatkan dan saat ini sedang dalam perjalanan turun hingga pos 2 menuju jalur Selo.

“Kondisi hujan dan pandangan terbatas karena kabut menjadi kendala proses evakuasi. Evakuasi membutuhkan waktu sekitar dua jam," kata Yohan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com