Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah 75 Persen, Akses Non-Tol Bandara Kualanamu Dioperasikan Akhir 2014

Kompas.com - 26/01/2014, 10:16 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com
- Proses pembangunan jalan akses non-tol menuju dan dari Bandara Kualanamu sudah mencapai 75 persen dan diharapkan dapat melengkapi infrastruktur guna menunjang dan mengembangkan bandara internasional tersebut.

"Progres pembangunan jalan akses non-tol Kualanamu saat ini proses konstruksinya sudah mencapai 75 persen," kata Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Zamharir Basuni seperti dikutip dari Antara, Minggu (26/1/2014).

Basuni menjelaskan, kemajuan proses konstruksi tersebut terdiri atas jalan akses sepanjang 13,5 kilometer, yang terdiri atas 4 jalur 2 arah (8,7 kilometer) dan 2 lajur 2 arah (4,8 kilomter) ditambah jalan layang 2x1000 meter.

Sementara untuk pembebasan lahan terkait konstruksi akses non-tol itu, ujar dia, menyisakan 333 meter dari total keseluruhan panjang 14,5 kilometer. "Persoalannya memang perlu kesabaran karena penghuni tanah itu tidak mau pindah," katanya.

Basuni memperkirakan, jalan yang biaya konstruksinya mencapai Rp 528 miliar itu bakal selesai pada Desember 2014.

Sebagaimana diketahui, Bandara Internasional Kualanamu dibangun dengan terminal penumpang yang dapat menampung 8 juta penumpang per tahun atau hampir 10 kali lipat dibandingkan dengan Bandara Polonia.

Bandara berkode KNO ini memiliki landasan pacu (runway) berukuran 3.750 meter x 60 meter sehingga dapat melayani penerbangan dengan pesawat berbadan lebar atau "wide body".

PT Angkasa Pura II juga memiliki rencana untuk menambah satu lagi "runway" di bandara ini dengan ukuran yang sama, yaitu 3.750 m x 60 m.

Selain itu, perusahaan pengelola sejumlah bandara tersebut juga berencana melakukan pengembangan tahap II, yakni meningkatkan kapasitas terminal sehingga dapat menampung 10 juta penumpang per tahun.

Bandara Internasional Kualanamu saat ini melayani 205 penerbangan per hari dengan jumlah maskapai yang beroperasi sebanyak 14 operator. Adapun jumlah penumpang dari awal beroperasi pada Juli 2013 hingga Desember 2013 telah mencapai 8,05 juta penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com