Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polri Kirim 2 Kendaraan Khusus Hagglunds ke Sinabung

Kompas.com - 22/01/2014, 15:20 WIB
Dani Prabowo

Penulis


DEPOK, KOMPAS.com
 — Polri berencana mengirimkan dua kendaraan khusus Hagglunds ke Medan, Sumatera Utara. Pengiriman dua kendaraan berat itu untuk membantu proses penanggulangan bencana erupsi Gunung Sinabung di Tanah Karo, Sumatera Utara.

"Insya Allah hari ini kita akan mengirimkan peralatan ke Medan," kata Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Polri Komjen Badrodin Haiti di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Rabu (22/1/2014).

Badrodin mengatakan, kondisi bencana di Medan tidak sama seperti kondisi bencana di wilayah lain. Abu vulkanik yang tersebar di sejumlah wilayah membuat jalur evakuasi warga dan penyaluran kebutuhan logistik menjadi sulit untuk diakses.

"Dua kendaraan itu untuk daerah yang licin karena debu abu vulkanik," ujarnya.

Untuk diketahui, Hagglunds merupakan kendaraan berat untuk segala jenis medan, seperti jalan berpasir, berlumpur, serta kondisi jalan lain yang tidak dapat dilalui kendaraan konvensional. Selain Hagglunds, Polri juga berencana mengirimkan 20 personelnya untuk membantu.

Secara terpisah, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, aktivitas Gunung Sinabung masih cukup tinggi. Berdasarkan informasi yang diperoleh, setidaknya terjadi 18 kali letusan disertai awan panas tinggi sepanjang Selasa (21/1/2014).

"Aktivitas Sinabung masih tinggi. Pembentukan kubah lava masih berlangsung, kemudian gugur ke lereng tenggara. Status kegiatan Sinabung masih Awas," ujarnya melalui keterangan yang diterima wartawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com