Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyuwangi Juga Gelar Car Free Night di Malam Tahun Baru

Kompas.com - 31/12/2013, 09:27 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan Polres Banyuwangi menggelar car free night untuk malam pergantian 2013 ke 2014. Malam tahun baru juga diisi dengan siraman rohani dari Yusuf Mansur.

"Car free night ini untuk mengurangi konvoi yang menjadi tradisi dan mengganggu kenyamanan pengguna jalan," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Senin (30/12/2013). Anas mengatakan warga yang merayakan pergantian tahun tak akan lagi terganggu lalu lalang tansportasi.

"Warga jadi bisa menikmati hiburan dan kuliner di sepanjang jalan yang menjadi lokasi car free night," imbuh Anas. Kegiatan ini akan digelar di dua lokasi, yakni ruas sepanjang Jalan Ahmad Yani sampai Jalan Panglima Besar Sudirman, dan Taman Blambangan.

"Ruas Ahmad Yani sampai Sudirman akan dipakai sebagai youth and community area," tutur Anas. Di sana akan ada beragam komunitas seperti grup band indie, sepeda BMX, skateboards, dance, fotografi, hadrah, hingga sepeda onthel.

Adapun Taman Blambangan, kata Anas, akan menjadi area budaya, olahraga, dan hiburan pendidikan. Di sana akan ada pula siraman rohani dari Yusuf Mansur.

Kanit Ditiyasa Polres Banyuwangi Aiptu Suyatmo mengatakan beberapa lokasi sudah disiapkan sebagai lahan parkir untuk warga yang hendak mengikuti car free night. Dia mengatakan penutupan lokasi car free night dari kendaraan bermotor akan dimulai pada pukul 18.00 WIB.

"Pengamanan melibatkan 665 personel polisi dibantu 430 personel dari instansi lain seperti TNI AD, TNI AL, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Senkom, Dinas Kesehatan, Pemadam Kebakaran, Baser, dan juru parkir," papar Suyatmo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com