Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal 2014, Tiket Masuk Tangkuban Parahu Naik

Kompas.com - 26/12/2013, 11:40 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com- Setelah melakukan kajian, pihak pengelola kawasan wisata Gunung Tangkuban Parahu, PT. Graha Rani Putra Persada (GRPP) memutuskan untuk menaikkan harga tiket masuk perorangan. Menurut Direktur Utama PT. GRPP, Putra Kaban, harga tiket masuk perorangan kawasan wisata yang berlokasi di perbatasan Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang ini dinaikkan awal tahun baru 2014 mendatang.

"Kenaikan mulai tanggal 1 Januari 2014," kata Kaban saat ditemui di Lembang, Rabu (26/12/2013).

Lebih lanjut Kaban menjelaskan, untuk tiket masuk satu orang wisatawan nusantara (Wisnu) dari harga sebelumnya Rp 11.000 naik menjadi Rp 17.000 setelah ditambah Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp 2.000. Sementara itu, satu tiket untuk satu orang wisatawan mancanegara (Wisman) naik dari harga sebelumnya Rp. 30.000 menjadi Rp. 75.000 setelah ditambah PNBP sebesar Rp.15.000.

"Kenaikan ini kita lakukan karena mengingat inflasi semakin tinggi. Selain itu keputusan ini sudah disetujui oleh Kementrian Kehutanan," bebernya.

Kaban menambahkan, kenaikan harga tiket masuk tersebut akan dibarengi dengan peningkatan infrastruktur penunjang keamanan dan kenyamanan di pusat wisata atau yang lebih dikenal dengan Kawah Ratu.

"Kami mempersiapkan keamanan dan kenyamanan serta meningkatkan infrastruktur, karena itu prioritas utama. Takutnya kalau tidak ada peningkatan infrastruktur pengunjung nanti kecewa," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com