Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alat Perang Jadi Rebutan Warga untuk Berfoto

Kompas.com - 16/12/2013, 09:15 WIB
Kontributor Makassar, Rini Putri

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Alat utama sistem pertahanan negara (alutsista) yang dipamerkan Kodam VII/Wirabuana di Lapangan Hasanuddin, Makassar, Senin (16/12/2013) pagi menjadi rebutan warga untuk berfoto.

Mereka ramai menjadikan berbagai alat perang itu sebagai latarbelakang foto mereka. Umumnya mereka menggunakan kamera di ponsel, namun tak jarang pula yang membawa kamera. 

Pameran ini digelar dalam rangka Hari Juang Kartika yang bertujuan memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat, khususnya Kodam VII/Wirabuana.

Salah satu warga, Marsina mengaku sengaja membawa kedua anaknya untuk melihat peralatan pertahanan negara secara langsung, demi menambah pengetahuan. "Pulang sekolah, saya sengaja memang membawa anak-anak ke lapangan biar anak-anak juga bisa melihat langsung peralatan pertahanan negara," kata Marsina.

Dalam pameran itu, kata Kasipenum Pendam VII/Wirabuana, Mayor Inf. Fathan Ali, ada puluhan alutsista dipamerkan sejak tiga hari itu.

Peralatan itu berupa delapan pucuk pistol berbagai jenis buatan pindad, 18 pucuk senapan ringan dan sedang berbagai jenis, lima pucuk mortir 60 mm dan MONTH 81 mm.

"Sengaja kami memamerkan agar bisa memperkenalkan alat-alat tempur milik kodam biar masyarakat mengetahui jika kodam memiliki alat-alat itu," ungkap Fathan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com