Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Papua Berdemo Tuntut Merdeka

Kompas.com - 16/10/2013, 15:59 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Ratusan mahasiswa dan warga Papua di Sulawesi Utara kembali menggelar demonstrasi di Manado, untuk menuntut kemerdekaan atas tanah Papua, Rabu (16/10/2013).

Para pedemo yang tergabung dalam Solidaritas Pemuda Mahasiswa dan Masyarakat Papua itu berjalan kaki dari kampus Universitas Samratulangi menuju ke Kantor Dewan Provinsi Sulut.

Mereka menuntut pemerintah pusat memperhatikan situasi keamanan dan kenyamanan bagi warga yang berada di Papua. Mereka beranggapan kekerasan serta ketidakadilan yang terjadi di tanah Papua merupakan bentuk diskriminasi pemerintah Indonesia terhadap rakyatnya.

"Pemerintah semestinya bertindak adil bagi kami warga Papua," ujar salah satu demonstran saat berorasi.

Para pendemo ini mengancam akan terus menyuarakan Papua Merdeka jika pemerintah pusat tidak bisa menangani dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang terus terjadi di tanah Papua.

"Bebaskan Papua dari penindasan. Kalau tidak, Papua sebaiknya merdeka saja," teriak mereka.

Salah satu koordinator aksi Martin, mengungkapkan bahwa di Papua ketidaknyamanan semakin terasa. Pemerintah dirasakan bertindak tidak adil, padahal Indonesia sudah lama merdeka dan Papua merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari negara ini.

Aparat di Papua dinilai sering bertindak sewenang-wenang. Pelanggaran HAM juga masih terus terjadi hingga sekarang.

Walau demonstrasi berjalan dengan damai dan tertib, tetapi aksi warga dan mahasiswa Papua ini cukup menarik perhatian bagi warga Manado yang berpapasan dengan rombongan mereka di jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com