Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut Kontes, Sapi 1,2 Ton Dibanderol Rp 120 Juta

Kompas.com - 09/10/2013, 19:25 WIB

SIDOARJO, KOMPAS.com - Menjelang hari raya Idul Adha yang tiba, 15 Oktober mendatang, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, menggelar kontes ternak sapi dan kambing kurban di Puspa Agro Jemundo, Rabu (9/10/2013).

Dalam kontes ini, panitia menetapkan tiga kriteria dalam penilaian yakni kondisi sapi harus sehat, tidak sakit atau cacat, berat sapi ideal yang meliputi panjang badan, ukuran badan, dan ukuran kaki).

Dalam kontes itu, ada peserta yang membawa sapi berukuran raksasa dengan bobot 1,2 ton. Sapi Simetal milik Khoirul itu dibanderol Rp 120 juta karena berbeda dengan sapi kontestan lain.

Khoirul (41) membawa dua ekor sapi, masing-masing jenis Simetal dan Limosin. Sapi Simetal milik Khoirul, warga Ganting, Kecamatan Gedangan  sudah beberapa kali mengikuti kontes.

Di Sidoarjo sudah tiga kali mengikuti dan selalu juara 1. Sapi itu juga pernah ikut kontes di Jombang sebanyak dua kali dan menjadi juara 2. "Sapi ini saya beri nama si Gendut karena tubuhnya besar sekali. Sapi nilainya Rp 120 juta," kata Khoirul.

Menurut Khoirul, ia memiliki 47 sapi di rumahnya dan yang sudah laku 37 ekor. Ia memelihara sapi dilakukan secara turun temurun dari ayahnya. "Sebelumnya saya kerja swasta dan baru tahun 2010 meneruskan usaha ternak milik ayah saya," sambungnya.

Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan, Ir Handajani, menjelaskan sebelum sapi peserta kontes dibawa ke Puspa Agro harus diseleksi terlebih dahulu. Begitu sapi tersebut dinyatakan sehat baru diperbolehkan mengikuti kontes.

"Kontes yang kami gelar untuk memacu semangat peternak sapi di Sidoarjo. Selain itu juga untuk mengekspos hasil ternak wilayah Kabupaten Sidoarjo," jelasnya.

Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah, mengapresiasi terobosan yang dilakukan Dinas Pertanian Perternakan dan Perkebunan karena program seperti ini bisa memberi motivasi terhadap para peternak.

"Mudah-mudahan tahun depan lebih banyak lagi peserta yang mengikuti, itu sebagai bukti bahwa kabupaten Sidoarjo siap mensuplai stok sapi untuk kurban, mengingat saat ini pemenuhan stok sapi benyak melalui jalan impor," tandas Saiful.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com