Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Jokowi untuk Pemerintahan Baru, Hati-hati Kelola Indonesia

Kompas.com - 01/03/2024, 21:30 WIB
Aji YK Putra,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menyampaikan pesan kepada pemerintahan baru untuk berhati-hati mengambil kebijakan dalam mengelola Indonesia.

Sebab, kata Kepala Negara, Indonesia merupakan negara besar di mana kebijakan sekecil apa pun akan berdampak langsung ke masyarakat.

"Kita harapkan Pemerintah baru hati-hati mengelola Indonesia. Karena, Indonesia bukan negara kecil, tapi negara sangat besar luas."

"Penduduknya hampir 280 juta setiap kebijakan apa pun kita harus berhati-hati terutama mengelola ekonomi, politik."

Demikian kata Presiden saat menghadiri acara Muktamar XX Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Dining Hall Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (1/3/2024).

Presiden menyebutkan, kondisi perekonomian global saat ini sedang dalam keadaan tidak stabil. Bahkan, Inggris dan Jepang telah masuk ke dalam jurang resesi.

Sementara, Indonesia sampai saat ini masih terus bertahan agar tidak masuk dalam kondisi resesi, seperti yang dialami oleh negara maju.

"Sebulan dua bulan ini banyak negara masuk ke jurang resesi. Kemarin Inggris masuk resesi Jepang juga masuk resesi."

"Artinya situasi dunia sedang tidak baik-baik saja. Kita harus hati-hati mengelola ekonomi, anggaran, APBN," ujar Presiden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com