Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER NUSANTARA] Vonis Bebas Kepala BPKAD Serang Kasus Gratifikasi | Joki Tes CPNS di Surabaya Ditangkap

Kompas.com - 16/11/2023, 06:00 WIB
Maya Citra Rosa

Editor

KOMPAS.com - Dalam sidang Pengadilan Tipikor Serang, Banten, Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Serang divonis bebas pada kasus gratifikasi proyek mebeler Rp 400 juta.

Hakim Pengadilan Tipikor Serang, Ibnu Anwarudin menyebut, Sarudin tidak terbukti bersalah melakukan tindak pidana suap, gratifikasi atau menerima hadiah sebagaimana dalam Pasal 11, Pasal 12 huruf a dan Pasal 12 b UU Tindak Pidana Korupsi.

Selain itu, seorang joki tes CPNS 2023 ditangkap panitia Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan HAM di Surabaya.

Pelaku tidak dapat masuk ke ruang ujian karena ditolak sistem saat pemeriksaan biometrik.

Dua berita tersebut menjadi perhatian banyak pembaca Kompas.com. Berikut ini lima berita populer Nusantara yang dirangkum pada Rabu (15/11/2023).

1. Kepala BPKAD Serang divonis bebas

Baca juga: Kepala BPKAD Serang Divonis Bebas, Bukan Gratifikasi, melainkan Pinjam-meminjam

Hakim Pengadilan Tipikor Serang, Ibu Anwarudin mengatakan, perbuatan Sarudin dalam kaus tersebut merupakan pinjam-meminjam modal pekerjaan.

Kasus berawal saat teman perempuan Sarudin bernama Restia Dian Aini membutuhkan modal untuk dua proyek pengadaan pompa air dan pengadaan mebeler tahun 2017.

Resti dan Sarudin kemudian meminjam uang kepada Ivan Krisdianto sebesar Rp 400 juta sebagai modal.

Ivan kemudian menyerahkan uang karena yang tertarik adanya fee hingga 15 persen disaksikan terdakwa Sarudin.

Pemberian uang tersebut dilakukan sebanyak dua kali dan diterima oleh Resti. Namun, setelah memberikan uang, Ivan tak kunjung mendapatkan apa yang dijanjikan, baik uang pinjaman maupun fee-nya.

"Kesimpulan hubungan Resti Dian Aini, terdakwa dan saksi Ivan Krisdianto peristiwa hukum pinjam-meminjam," kata Ibnu di hadapan terdakwa di Pengadilan Tipikor Serang, Selasa (14/11/2023) malam.

IM diduga joki diamankan saat ikut tes CPNS Kemenkumham Jatim di Surabaya, Selasa (14/11/2023).Dok Humas Kemenkumham Jatim IM diduga joki diamankan saat ikut tes CPNS Kemenkumham Jatim di Surabaya, Selasa (14/11/2023).

2. Joki tes CPNS ternyata mahasiswa

'Baca juga: Joki Tes CPNS Tertangkap di Surabaya, Gagal Masuk Saat Pemeriksaan Biometrik

IM, seorang mahasiswa semester 7 pada Fakultas Teknik Lingkungan di salah satu perguruan tinggi di Kabupaten Jember Jawa Timur menjadi joki untuk salah satu peserta berinisial AM, pendaftar PNS untuk posisi penjaga tahanan.

"Sistem menunjukkan notifikasi bahwa data biometrik miss match dengan fisik asli yang bersangkutan," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono dalam keterangan resminya, Selasa (14/3/2023) malam.

Salah satu ciri paling mencolok adalah foto di KTP dan Kartu Peserta Ujian, menunjukkan ciri fisik yang sedikit gemuk.

Namun, pada kenyataannya IM punya perawakan yang cenderung kurus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com