Hilang 4 Hari di Gunung Merbabu, Surati Selamat Tanpa Bawa Bekal Makanan: Saya Puasa

Kompas.com - 25/05/2021, 06:09 WIB
Surati warga Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, ditemukan selamat di lereng Gunung Merapi, Kabupaten Boyolali, Senin (24/5/2021). Dok TRC BPBD Kabupaten MagelangSurati warga Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, ditemukan selamat di lereng Gunung Merapi, Kabupaten Boyolali, Senin (24/5/2021).
Editor Khairina

KOMPAS.com - Seorang wanita pencari kayu bernama Surati (54), warga lereng Gunung Merbabu tepatnya Dusun Malang, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, dilaporkan hilang oleh keluarganya pada Kamis (20/5/2021).

Dia lalu ditemukan dalam keadaan selamat di kawasan hutan Taman Nasional Gunung Merapi wilayah Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Senin (24/5/2021).

Petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) Kecamatan Sawangan pada Satuan Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Irianto Purwadi mengatakan, Surati masih bisa berkomunikasi dengan relawan saat ditemukan di lokasi.

Baca juga: 4 Hari Hilang di Lereng Gunung Merbabu, Wanita Ini Ditemukan Selamat di Lereng Merapi

Dia juga masih membawa seikat kayu bakar.

"Saat itu, dia ditanya 'jenengan ndak Mbok Surati?' (anda Bu Surati?), lalu dijawab 'nggih' (ya). Relawan lalu melaporkan keberadaan Bu Surati ke posko kemudian dievakuasi ke Balai Desa Klakah," kata Irianto.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Belum diketahui pasti penyebab Surati bisa tersesat hingga ke kawasan Taman Nasional Gunung Merapi yang jaraknya mencapai sekitar 10 kilometer dari rumahnya.

Apalagi dia tidak membawa perbekalan makanan apapun. Ketika ditanya relawan, kata Irianto, Surati mengaku sedang puasa.

"Katanya dia puasa. Ditanya lagi (mengapa bisa tersesat) katanya mau menonton gitu aja, " pungkas Irianto yang juga pengendali posko lapangan itu.

10 kilometer

Kepala Kepolisian Sektor Sawangan Ajun Komisaris Polisi Tugimin menjelaskan, Surati dilaporkan hilang pada Kamis (20/5/2021) pukul 14.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X