Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres: Anggaran Peringatan KAA Cair Pekan Ini

Kompas.com - 13/04/2015, 13:42 WIB


BANDUNG, KOMPAS.com - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengatakan bahwa pemerintah pusat akan mencairkan anggaran peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika kepada pemerintah Kota Bandung pada pekan ini.

"Memang sepenuhnya belum, pada waktunya pasti (akan cair). Minggu-minggu ini, insya Allah, kita cek lagi," kata Kalla di Gedung Sate, Bandung, Senin (13/4/2015).

Kalla menyatakan, Kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat selaku tuan rumah penyelenggaran peringatan 60 tahun KAA secara umum telah siap melaksanakan acara tersebut. Ia memuji sikap gotong-royong warga Bandung dan sekitarnya dalam menyambut dan mempersiapkan acara tersebut.

"Berdasarkan pembicaraan di sini dan di Jakarta, Pak Gubernur (Ahmad Heryawan) dan Pak Wali Kota Bandung (Ridwan Kamil) sudah siap untuk penyelenggaraan. Ini jadi momentum penting bagi kita semua dan juga bagi rakyat ingin merefleksikan bahwa Indonesia sejak 60 tahun sudah menggerakkan dunia sebenarnya," kata JK, sapaannya.

Terkait permintaan JK kepada Ridwan Kamil untuk memperbanyak bunga di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, JK mengatakan hal tersebut sesuai dengan sebutan Bandung sebagai Kota Kembang. Menurut dia, bandara tersebut tidak banyak berubah sejak 50 tahun lalu. Penambahan bunga diharapkan dapat mempercantik kota tersebut sehingga Bandung mudah dikenal dengan beragam bunga.

"Supaya jangan melihat gedung tua yang belum selesai dibangun. Saya kira cepat selesai karena Bandung banyak bunga, nanti seperti pesta pengantin saja," ujar JK.

Ridwan Kamil membenarkan bahwa dirinya menyampaikan kepada Wapres tentang anggaran peringatan 60 tahun KAA yang belum cair dari pemerintah pusat. "Di situ kadang saya merasa sedih (ditanya anggaran)," kata pria yang akrab disapa Emil.

KAA 2015 akan berlangsung pada 19-22 April di Jakarta dan ditutup dengan peringatan 60 tahun KAA di Bandung pada 23-24 April.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com