Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Selo Krisis Air Bersih

Kompas.com - 27/01/2011, 22:13 WIB

BOYOLALI, KOMPAS.com - Warga dua desa di lereng Gunung Merapi, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, mengalami krisis air bersih akibat dampak banjir lahar dingin di wilayah tersebut.

Berdasarkan pantauan di Selo, Boyolali, Kamis (27/1/2011), dilaporkan, dua desa yang mengalami krisis air bersih, yakni Jrakah dan Suroteleng, akibat dampak pipa saluran air menuju kampung mereka hanyut diterjang banjir lahar beberapa waktu lalu.

Menurut Kepala Desa Jrakah, Tumar, ada empat dukuh di Jrakah yang mengalami krisis air sehingga sekitar 2.117 jiwa warganya mengalami krisis air bersih.

Empat dukuh yang mengalami krisis air bersih, kata Tumar, di Tempel ada satu rukun tetangga (RT), Jrakah (lima RT), Sepi (enam RT), dan Kajor (lima RT).

Warga yang mengalami krisis air bersih akibat pipa saluran air yang membentang di Kali Juweh hilang terbawa banjir lahar.

Warga terpaksa harus mengambil air dengan jeriken di tempat berjarak sejauh sekitar 2 hingga 3 kilometer dari permukiman.

Selain itu, warga juga memanfaatkan air hujan dengan cara menampung di sebuah bak untuk kebutuhan minum ternak sapinya.

"Warganya di Dukuh Jrakah, akibat krisis air ini, terpaksa mengambil air dari sumber mata air di Merbabu yang jaraknya sekitar 3 kilometer dari permukiman," kata Tumar.

Namun, pihaknya sudah melaporkan kondisi krisis air tersebut ke pemerintah kecamatan sehingga warganya agar mendapatkan bantuan pasokan air dari pemkab.

Selain itu, pihaknya juga mengharapkan adanya bantuan pipa air untuk membuat saluran baru agar krisis tidak meluas ke dukuh lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com