PMI Sulit Penuhi Kebutuhan Darah

Kompas.com - 25/05/2010, 14:16 WIB
Editor

Yogyakarta, Kompas - Palang Merah Indonesia cabang Yogyakarta hanya mampu memenuhi separuh kebutuhan darah untuk wilayah Yogyakarta. Tingkat kesadaran masyarakat yang masih rendah untuk mendonorkan darahnya menjadi kendala utama.

Wakil Ketua III Bidang Pelayanan PMI Yogyakarta Awang Trisnamurti mengatakan, rata-rata kebutuhan darah Yogyakarta mencapai 8.000 kantong per bulan. "PMI baru bisa memenuhi 4.000 kantong," katanya saat ditemui di sela-sela pembukaan Bulan Dana PMI Yogyakarta 2010, Senin (24/5).

Kebutuhan darah yang tinggi itu karena Kota Yogyakarta memiliki beberapa rumah sakit besar seperti RS Bethesda, Panti Rapih, dan PKU Muhammadiyah. "Kami juga melayani kebutuhan darah RSUP Dr Sardjito yang menjadi rumah sakit rujukan seluruh DIY, bahkan juga daerah- daerah di selatan Jawa Tengah," kata Awang.

Namun, kebutuhan yang besar itu tidak diimbangi antusiasme masyarakat mendonorkan darahnya. Padahal, donor darah merupakan satu- satunya mekanisme PMI untuk memperoleh pasokan darah.

"Entah kenapa, masyarakat masih takut kalau diminta mendonorkan darahnya. Padahal, donor darah bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kenyataannya, dalam setiap kegiatan donor, darah yang terkumpul hanya berkisar 25-30 kantong," ujar Awang.

Bank tubuh

Untuk mengatasi kekurangan tersebut, Awang mengatakan, pihaknya menerapkan program bank tubuh yang berbasis di tiap-tiap kecamatan. Bank tubuh itu merupakan pendonor sukarela yang telah terdaftar di tiap kecamatan dan jika diperlukan sewaktu-waktu bisa mendonorkan darahnya. Dalam satu bulan, bank tubuh bisa menambah pasokan darah hingga 200 kantong.

Selain itu, ada pula program donor lewat palang merah remaja (PMR) di SMP dan SMA. Saat ini, terdapat 32 unit PMR yang rutin mendonorkan darahnya ke PMI. "Kami masih terus mengupayakan agar seluruh sekolah mengikuti program donor rutin ini," ujarnya.

Kepala Humas RSUP Dr Sardjito Trisno Heru Nugroho mengatakan, sejak 2008, pihaknya memiliki bank darah untuk kebutuhan pasien. Setiap bulan, kebutuhan mencapai 500 kantong.

"Kami tidak mengandalkan pasokan dari PMI lagi kecuali ada kejadian luar biasa," ujar Heru.

Meski demikian, pihaknya baru bisa memenuhi kebutuhan darah untuk rumah sakit sendiri dan belum bisa memenuhi permintaan dari rumah sakit lain yang sering kali meminta ke RS Sardjito. (ENG)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.