Wah, 50 Persen Pekerja Sektor Pertanian, Buruh Anak

Kompas.com - 15/06/2009, 10:13 WIB
Editor

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Sektor pertanian di Indonesia merupakan lapangan pekerjaan yang paling besar menampung pekerja anak dengan menggunakan sistem sub kontrak.

"Perburuhan anak paling besar di sektor pertanian mencapai lebih dari 50 persen," kata Pandji Putranto, Senior Program Officer Organisasi Buruh Internasional (ILO) di Banda Aceh, Senin (15/6).

Dia mengatakan, anak yang dipekerjakan di sektor pertanian termasuk perkebunan dan peternakan itu dengan sistem sub kontrak yaitu orangtuanya yang bekerja dan dibantu sang anak.

Menurutnya, hal itu bukan hanya terjadi di perkebunan milik swasta tapi juga di perkebunan pemerintah terutama di perkebunan besar.

Dia mencontohkan di perkebunan karet, seorang pekerja harus dapat menderes getah karet dari beberapa batang setiap harinya. Agar pekerjaan itu selesai tepat waktu dan memenuhi target maka dipekerjakanlah anaknya untuk membantu.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Provinsi Aceh, Sofyan mengatakan di Aceh tidak ada anak yang bekerja secara formal yang ada hanya membantu orang tua.

Bidang yang paling banyak juga di sektor pertanian, perkebunan dan perikanan. Meskipun di sektor informal namun pekerjaan yang dilakukan anak tersebut memiliki tingkat bahaya yang cukup tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti di sektor perikanan, anak ikut melaut hingga berhari-hari ke laut dalam, begitu juga di sektor pertanian harus sepanjang hari berada di sawah membantu orang tuanya.

Sedangkan batas waktu untuk anak bekerja yang ditoleransi adalah tidak lebih dari tiga jam dan berupa pekerjaan ringan yang tidak membahayakan anak.

"Ke depan kita mencoba untuk memberikan pengertian kepada orang tua bahwa anak yang bekerja membatasi hak mereka," kata Sofyan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.