Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lampung Panas dan Terik, Pemudik Diminta Hati-hati

Kompas.com - 26/09/2008, 19:55 WIB

BANDAR LAMPUNG, JUMAT - Badan Meteorologi dan Geofisika Radin Intan Lampung memprediksi cuaca panas terik akan terjadi di Lampung dalam dua hingga tiga hari ke depan. Pemudik dengan sepeda motor diminta untuk mewaspadai cuaca panas untuk menghindari keletihan.

Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Radin Intan Lampung, Bambang Nova Setianto, Jumat (26/9) mengatakan, sejak Minggu (21/9) terjadi kenaikan suhu udara di wilayah Lampung rata-rata dua derajat Celcius, dari 32 derajat Celcius menjadi 34 derajat Celcius.

Menurut Bambang, kenaikan suhu udara terjadi sebagai dampak munculnya tropika siklun di sekitar perairan Jepang dan di utara Filipina. Siklun tersebut menarik massa udara dari wilayah Indonesia.

"Massa udara yang tertarik tersebut termasuk di dalamnya titik-titik air. Yang tertinggal di wilayah kita hanyalah panas," ujar Bambang.

Selain itu, selama tropika siklun terjadi, di wilayah Lampung juga tidak berhembus angin. Angin yang muncul hanya sepoi-sepoi. Hal itu menyebabkan selama lima hari terakhir ini di wilayah Lampung terus terjadi cuaca yang panas.

Namun demikian, menurut Bambang, cuaca panas tersebut tidak hanya dirasakan masyarakat Lampung. Cuaca panas hingga 35-36 derajat Celcius bahkan terjadi di pantura Jawa.

Siklon tropis tersebut diperkirakan akan berlangsung hingga dua hingga tiga hari ke depan. Bahkan suhu udara di wilayah Lampung diperkirakan akan mencapai 35 derajat Celcius. Cuaca panas tersebut, lanjut Bambang, akan berpengaruh pada pemudik. Cuaca panas dan terik di Lampung akan membuat pengendara sepeda motor cepat lelah.

Untuk itu, BMG Radin Intan menghimbau para pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk lebih sering beristirahat. Istirahat bisa dilakukan di pos-pos yang sudah disiapkan Dinas Perhubungan Lampung dan Polda Lampung di sepanjang jalur mudik.

Apalagi, Dinas Perhubungan Lampung memprediksi jumlah pemudik dengan sepeda motor yang akan melalui Lampung pada Lebaran 2008 diperkirakan naik 17 persen. Pada Lebaran 2007, pemudik bersepeda motor yang melewati Lampung sebanyak 37.659 unit.

Sementara itu, bagi pemudik yang menggunakan angkutan kendaraan roda empat juga dihimbau untuk tidak berdesak-desakan. Apabila para pemudik naik bus antar kota antar provinsi (AKAP) ataupun antar kota dalam provinsi (AKDP) diharapkan untuk tidak terlalu penuh memenuhi bus.

"Cuaca panas akan menyebabkan orang menjadi temperamental. Mereka harus menyadari sejak dini," ujar Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com