Salin Artikel

Nobar Piala Asia U-23 di Balai Kota, DLH Solo Sebut Banyak Sampah Berserakan dan Tanaman Diinjak-injak

Sampah bekas makanan dan minuman tersebut berserakan di depan Balai Kota dan sepanjang Jalan Jenderal Sudirman (Jensud). Padahal, di sekitar kawasan tersebut telah disediakan bak sampah. Tapi masih banyak sampah yang dibuang sembarangan.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solo melalui akun resminya @dlhsolo mengunggah video kondisi sampah yang ditinggal para penonton di kawasan Balai Kota Solo.

DLH juga menuliskan keterangan pada video yang diunggah, "Nobar Timnas Yes, Sampah Big No!!!".

Tak hanya video sampah, foto tanaman di taman kawasan Balai Kota rusak karena diinjak-injak para penonton juga diunggah dalam akun DLH.

"Tidak bosan mengajak masyarakat untuk bertanggung jawab sampah yang kita hasilkan. Datangi nobar, jangan kotori dengan sampah. Buang sampah pada tempatnya. Jika jauh dari bin sampah, simpan dulu hingga menemukan tempat sampah," tulis keterangan dalam akun @dlhsolo seperti dikutip Kompas.com, Kamis (2/5/2024).

Dikonfirmasi terpisah, Kepala DLH Kota Solo, Kristiana Hariyanti mengatakan, selain banyak sampah juga ada tanaman rusak karena diinjak-injak warga yang ikut nonbar.

"Njih leres (iya benar ada tanaman rusak dinjak-injak)," kata Kristiana.

Dengan membawa minum sendiri memakai tumbler, dapat menghemat biaya. Selain itu juga telah berkontribusi sebagai pahlawan kebersihan karena dapat meminimalisir sampah plastik.

Kemudian membawa tetebag atau tas guna ulang.

"Mengganti kantong plastik dengan totebag juga sudah termasuk pahlawan kebersihan karena dapat mengurangi pemakaian sampah plastik," ungkap dia.

Diketahui, acara nonton bareng laga semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia Vs Uzbekistan berlangsung meriah. Warga memadati kawasan Balai Kota Solo.

Acara nonton bareng juga dihadiri Wali Kota Solo sekaligus Wapres terpilih 2024 Gibran Rakabuming Raka, Menparekraf sekaligus politikus PPP Sandiaga Uno dan pejabat di lingkungan Pemkot Solo.

https://regional.kompas.com/read/2024/05/02/120639478/nobar-piala-asia-u-23-di-balai-kota-dlh-solo-sebut-banyak-sampah-berserakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke