Salin Artikel

Ibu Muda di Palembang Melahirkan Dalam Taksi Online

Narasi dalam video itu tertulis, ibu hamil yang berusia sekitar 15 tahun itu melahirkan tepat di depan Rumah Sakit AK Gani Palembang, pada Kamis (6/7/2023) sekitar 04.40 WIB dalam keadaan selamat. Begitu juga dengan bayi yang dilahirkan.

Dikatakan Hamid sopir taksi online yang membawa ibu muda itu ke rumah sakit, ia semula mendapatkan orderan dari kawasan Musi VI untuk membawa pasien ke Rumah Sakit AK Gani Palembang.

Saat itu, ada tiga wanita yang ikut ke dalam mobil termasuk pasien.

Namun, baru saja tiba di parkiran rumah sakit, perempuan tersebut tak lagi tertahan hingga akhirnya melahirkan dalam mobil.

“Waktu itu ibunya lagi mau cari kursi roda, tapi yang hamil sudah tidak tahan lagi langsung melahirkan di dalam mobil saya,” kata Hamid, Jumat (7/7/2023).

Hamid mengaku ikut cemas mengetahui penumpang yang dibawanya hendak melahirkan.

Selama ini, ia biasa membawa penumpang ke rumah sakit. Hanya saja untuk yang melahirkan di dalam mobil baru pertama kali terjadi.

“Kalau mengantar orang hamil ke rumah sakit sudah ini yang kedua kalinya tapi, kalau yang sampai melahirkan di dalam mobil ini baru pertama kali,” ujarnya.

Setelah bayi itu dilahirkan, pihak rumah sakit AK Gani dan bidan langsung memberikan perawatan.

“Kalau namanya saya kurang tahu, tapi memang masih muda” jelasnya.


Sementara itu, Kusparwati pemilik klinik bidan di Jalan Sido Ing Lautan, Kecamatan Ilir Barat II Palembang menjelaskan, pasien datang ke tempatnya sekitar 03.30 WIB dalam kondisi telah siap melahirkan.

Dari diagnosa awal yang terlihat, usia kandungan ibu muda tersebut baru memasuki tujuh bulan dan berat bayi diperkirakan hanya 1.300gram sehingga melahirkan bayi prematur.

“Karena kondisi tersebut langsung kami rawat ke rumah sakit untuk cepat melakukan pertolongan,” ujarnya.

Pertimbangan Kusparwati merujuk pasien itu ke rumah sakit karena kondisinya yang masih muda dan bayi yang kecil.

Terlebih lagi dari keterangan pihak keluarga bahwa anak pertama pasien sempat meninggal saat dilahirkan karena mengalami kondisi serupa.

“Usia pasien baru 15 tahun, tapi kami tidak mengetahui namanya karena kondisi saat malam itu emergency sehingga harus cepat dirawat,” ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/07/182800678/ibu-muda-di-palembang-melahirkan-dalam-taksi-online

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke