Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Keamanan dan Bangunkan Warga, Polisi "Klotekan" Sahur Bareng Santri

Kompas.com - 10/06/2016, 10:47 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Satuan Lalu Lintas Polres Kendal menggandeng santri pondok pesantren mengadakan kegiatan "klotekan" sahur keliling, Jumat, (10/6/2016) dini hari.

Selain membangunkan warga untuk bersahur, kegiatan tersebut juga dalam rangka menjaga keamanan.

Menurut Kepala Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Kendal, AKP. Agus Triyono, "klotekan" sahur sudah dilakukan sejak awal puasa.  Pihaknya juga menyapa masyarakat yang sedang ronda malam, supaya tetap waspada.

“Klotekan Sahur juga bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas selama bulan Ramadhan. Karena dini hari merupakan waktu rawan kecelakaan dimana biasanya pengendara dengan jalan yang sepi melaju kencang, ataupun mengantuk yang bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Saat keliling, kami juga membunyikan sirine,” sebutnya.

"Klotekan" sahur ini dimulai pukul 01.30 WIB hingga menjelang imsyak. Wilayah yang dilalui, berpindah-pindah. Mulai dari perkampungan yang ada di Kendal kota, hingga di kecamatan yang berdekatan dengan Kendal.

“Tiap hari kita berubah lokasi,” ujarnya.

Salah satu warga Kendal, Miftahul Amin, menyambut baik dengan upaya polisi lalu lintas Kendal, yang telah membangunkan warga. Sebab, warga bisa bangun lebih awal, sehingga tidak terlambat sahur.

“Kan ada juga ibu-ibu yang perlu bangun tidur lebih awal, untuk menyiapkan hidangan sahur, sehingga tidak terlambat,” katanya.

Dis amping itu, tambah Miftah, klotekan tersebut bisa mencegah orang yang mau berbuat jahat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com