Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Derita Gizi Buruk, Tubuh Rini Hanya Tulang Berbalut Kulit

Kompas.com - 21/11/2015, 11:41 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Rini, anak seorang pedagang sarung keliling asal Mangaramba, Kelurahan Takatidung, Polewali Mandar, menderita gizi buruk akut sejak kecil.

Akibatnya, meski sudah berusia sembilan tahun namun berat badan Rini hanya 11 kilogram. Jangankan untuk bersekolah, hanya berdiri, berjalan, makan dan minum Rini sangat membutuhkan bantuan orang lain.

Kini Rini dirawat intensif di RSUD Polewali Mandar karena kondisi kesehatannya terus merosot tajam.

Penyusutan bobot tubuh yang berlangsung cepat, membuat kulit bocah malang ini terutama pada bagian kaki tampak mengelupas.

Rini dilarikan ke rumah sakit oleh puskesmas setempat yang menemukan bocah malang ini hanya terbaring lemas di rumahnya tanpa perawatan dokter.

Sejak jatuh sakit hampir lima tahun lalu, Rini hanya dirawat saudara-saudaranya lantaran kedua orangtuanya terpisah demi mencari nafkah.

Ayah Rini, Yudha (70 ) harus bekerja menjual sarung keliling kota. Sedangkan Zubaedah, sang ibu, sudah lama bekerja di Malaysia.

Yudha mengaku, penghasilanya sebagai pedagang sarung keliling yang tak lebih dari Rp 300.000 perbulan.

Pendapatan yang minim itu membuat Yudha tak bisa berbuat banyak untuk merawat putri bungsunya itu.

Meski sudah lama menderita sakit, Yudha tak mampu membawa Rini ke rumah sakit karena kekurangan biaya.

“Memang sudah lama sakit dan tidak di bawa ke rumah sakit karena pendapatan saya sebagai pedagang sarung keliling tak bisa menanggung biaya pengobatan Rini,” ujar Yudha di RSUD Poman, Sabtu (21/11/2015).

Sementara itu, Kepala UPTD Ibu dan Anak Dinas Kesehatan Polman Muhamad Syarif mengatakan, sejak kecil Rini mengalami masalah nutrisi yang mengakibatkan Rini mengalami gizi buruk yang dipicu komplikasi penyakit.

“Rini bukan gizi buruk murni tapi karena faktor gangguan kesehatan lain yang memicu rini menderita gizi buruk akut seperti saat ini,” ujar Syarif.

Biaya pengobatan Rini, kata Syarif, untuk semntara ditanggung Pemkab Polewali Mandar lantaran keluarga miskin ini tidak memiliki kartu BPJS.

Pihak RSUD Polman kini tengah berupaya memulikan kondisi Rini dengan cara memberi asupan gizi termasuk susu untuk membantu percepatan memulihkan kesehatan bocah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com