Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinabung Kembali Erupsi, Warga Desa Sibintun Diungsikan untuk Hindari Awan Panas

Kompas.com - 03/04/2015, 19:31 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Meningkatnya aktivitas Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, membuat masyarakat di sekitar Gunung Sinabung panik. Sebab, gunung api yang sudah sekitar dua minggu tidak erupsi, kini kembali erupsi dan mengeluarkan awan panas.

"Gunung Sinabung kembali mengeluarkan awan panas dan debu vulkanik, Kamis (2/4/2015) sekitar pukul 20.00 WIB. Semalam termasuk erupsi terdahsyat selama dua minggu Gunung Sinabung tidak erupsi, dan hal itu membuat warga panik," kata warga Desa Sibintun, D Sinuhaji kepada Tribun Medan, Jumat (3/4/2015).

Ia mengatakan, seluruh desa di lingkaran Gunung Sinabung seperti desa Sibintun, Tiga Serangkai, Tiga Pancur, Beganding, Beras Tepu, Gurki, Mardingding dan desa Payung terkena hujan lumpur dan debu vulkanik.

Aktivitas warga yang berada di lingkaran Gunung Sinabung tersebut masih berjalan seperti biasa, kecuali di Desa Sibintun.

"Warga di desa ini sudah mengungsi dikarenakan adanya informasi lontaran awan panas mengarah ke desa ini. Hal itu diketahui warga karena beberapa waktu lalu ada imbauan dari pemerintah Kabupaten Karo agar desa ini disterilkan," ujarnya. (Dedi Sinuhaji)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com