Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruang ICU Penuh, Sonah Akhirnya Meninggal di Bangsal Umum

Kompas.com - 07/08/2014, 11:37 WIB

TEGAL, KOMPAS.com
- Seorang pasien yang koma meninggal dunia, Rabu (6/8/2014), di bangsal RSUD Kardinah. Pasien bernama Sonah itu dirawat di bangsal lantaran ruang ICU penuh.

"Tadi pagi pukul 09.15 meninggalnya," ungkap salah satu perawat di Rosella, pada Tribun Jateng, Rabu (6/8/2014) siang.

Sonah dirawat di RSUD Kardinah sejak 2 Agustus lalu. Dia dirawat di Rosella bersama lima pasien lainnya. Setelah warga Kluwud, Bulakamba, Brebes, ini meninggal dunia, tempat tidurnya pun langsung diisi oleh pasien baru.

Wali Kota Tegal, Siti Masitha Soeparno, mengaku prihatin mendengar kabar itu. Dalam sidak yang dilakukannya pada hari Selasa, 5 Agustus, dia mempertanyakan alasan penuhnya ruang ICU sehingga tak dapat menampung pasien yang membutuhkan perawatan intensif.

"Kata dokter, mungkin 1-2 hari baru sadar. Tapi ini kenapa dipindah dari ICU tapi masih belum sadar," kata Masitha saat sidak di RSUD Kardinah, Selasa (5/8/2014).

"Ibunya aja belum sadar. Perlu penanganan intensif," ungkapnya kemudian.

Namun, Masitha tak memperoleh jawaban yang memuaskan.

Selain Sonah, ada pasien lainnya yang seharusnya dirawat di ICU, namun akhirnya harus dirawat di bangsal yang sama. Alasannya sama, ruang ICU sudah penuh.

Di bangsal ini, Aminah dirawat di depan tempat tidur Sonah. Hingga saat ini, Aminah sudah sadar namun masih belum bisa diajak bicara.

"Udah bisa membuka mata, tapi belum ngomong sepatah kata pun," kata Cahyo Kamandhanu, anak Aminah.

Cahyo menerangkan, respon ibunya juga belum ada. Saat diajak mengobrol, tidak ada respon sedikit pun.

"Kata dokter, kesadaraannya menurun akibat tekanan darah tinggi. Tadi malam tensinya hingga 220," ujarnya.

Direktur RSUD Kardinah, dr Abdal Hakim Tohari Sp RM, MMR, menjelaskan bahwa ruang ICU sudah penuh. Saat ini, ada 12 pasien yang dirawat di ICU.

Hakim menerangkan, sebenarnya RSUD Kardinah telah menyiapkan ruang perawatan intermediate. Ruang ini menempati ruang radiologi. Namun, ruang radiologi yang baru belum selesai dibangun, sehingga ruang intermediate pun belum ada. Untuk menambah ruang ICU, rumah sakit membutuhkan dana sekitar Rp 800 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com