Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelantikan Pengurus Pusat, GP Ansor Usung Transisi Energi dan Ekonomi Digital

Kompas.com - 26/05/2024, 19:11 WIB
Muhamad Syahrial

Editor

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden terpilih (2024-2029), Prabowo Subianto, akan menghadiri acara inaugurasi "Menuju Ansor Masa Depan", di Istora Senayan, Jakarta, pada Senin (27/5/2024).

Dalam acara tersebut, Gerakan Pemuda (GP) Ansor akan mengusung tema Transisi Energi, Ekonomi Padat Karya, dan Ekonomi Digital.

Menurut Ketua Umum GP Ansor, Addin Jauharudin, ketiga hal itu merupakan kunci penting untuk penguatan ekonomi Indonesia selama lima tahun ke depan.

“Di tengah kondisi ekonomi global yang tidak menentu, Indonesia perlu fokus melakukan penguatan di bidang ekonomi selama lima tahun ke depan,” kata sosok yang akrab disapa Gus Addin, Minggu (26/52024).

Dia menambahkan, acara tersebut juga dalam rangka pelantikan PP GP Ansor 2024-2029. Karena itu, Gus Addin juga bakal menyampaikan arah Ansor pada lima tahun mendatang yang mengusung konsep ASTA BISA di hadapan Jokowi, Prabowo, dan para tokoh serta warga Ansor.

Baca juga: Alasan Polisi Butuh 8 Tahun untuk Tangkap Pembunuh Vina

“ASTA BISA adalah langkah strategis Ansor selama lima tahun ke depan yang bertujuan untuk memajukan warga Ansor, organisasi, memajukan NU, dan memajukan bangsa,” ujar Addin.

Addin menjelaskan, ASTA adalah delapan pilar program Prabowo Subianto, sedangkan BISA adalah empat pilar untuk mendukung program tersebut, yang artinya Bisnis, Inovasi, SDM, dan Anak Muda.

Fokus dari ASTA BISA adalah anak muda Indonesia. Pasalnya, lanjut Addin, mereka adalah pemimpin masa depan.

“Menuju Indonesia Emas 2045, kita perlu menyiapkan calon-calon pemimpin masa depan,” ucap Addin.

Baca juga: Mahasiswi di Surabaya Meninggal Kecelakaan Saat Kejar Komplotan Penjambret yang Ambil Tasnya

Rencananya, acara tersebut juga akan dihadiri Rais Am PBNU, KH Miftahul Ahyar, Ketua Dewan Tanfidz PBNU, KH Yahya Cholil Staquf, Sekjen PBNU, KH Saifullah Yusuf, serta ribuan massa Ansor dari seluruh Indonesia.

Addin pun meminta maaf jika nanti masyarakat yang melintasi sekitar GBK akan mengalami kemacetan saat acara berlangsung.

“Tapi kami akan menyiagakan ribuan Banser yang akan membantu pihak kepolisian dalam mengatur lalu lintas,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com