Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kali Terpilih Jadi Anggota DPRD, The Hok Hiong: Pemilu 2024 yang Terakhir

Kompas.com - 05/05/2024, 07:40 WIB
Dian Ade Permana,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

UNGARAN, KOMPAS.com - Politikus senior PDI Perjuangan The Hok Hiong kembali terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Semarang periode 2024-2029. Pada Pemilu Legislatif 2024, caleg yang berasal dari Dapil 5 Kabupaten Semarang (Kecamatan Ambarawa, Bandungan, Jambu, dan Sumowono), berhasil meraih 7.680 suara.

Hok, panggilan akrabnya, telah lima periode menjadi anggota DPRD Kabupaten Semarang. Dengan keterpilihan pada Pileg 2024, maka Hok enam kali mendapat kepercayaan masyarakat menjadi anggota DPRD. Mulai dari 1999-2004, 2004-2009, 2009-2014, 2014-2019, 2019-2024, dan saat ini untuk periode lima tahun kedepan, 2024-2029.

Baca juga: PKS dan Golkar Kuasai Kursi DPRD Kabupaten Sumbawa 

"Kunci saya mendapatkan kepercayaan masyarakat itu sederhana saja, yakni menjalakan tugas pokok fungsi (tupoksi) kedewanan dengan sepenuhnya," kata Hok, Jumat (3/5/2024) di Sasame Cafe Ambarawa Kabupaten Semarang.

Selain itu, lanjutnya, dirinya tidak pernah membedakan kelompok atau masyarakat yang datang meminta bantuan kepadanya.

"Mau milih saya atau tidak, mau dari anggota partai apapun, kalau rumah saya diketuk, pasti saya buka dan layani. Apalagi kalau ada orang sakit, pasti saya kawal," kata Hok.

Hok mengatakan dirinya adalah kader PDI Perjuangan tulen karena terinspirasi dari Megawati Soekarnoputri.

"Berawal dari 1997, saya ikut Promega dan Mega-Bintang itu. Lalu 1998, PDI ganti lambang, rumah saya menjadi posko dan saya menjadi pengurus ranting," ujarnya.

Kemudian pada 1999, Hok yang menjadi pengurus PAC Ambarawa PDI Perjuangan, mendaftar menjadi caleg.

"Waktu itu belum sistem dapil, masih pakai Panitia Pemilihan Daerah (PPD). Saya terpilih dan terus terpilih hingga saat ini," kata dia.

Hok sebetulnya ingin istirahat dan digantikan anggota yang lebih muda. Tapi, kata dia, jelang pendaftaran caleg untuk Pileg 2024, diminta sahabatnya, almarhum Bambang Kusriyanto (BK) untuk terus maju.

"BK bilang nanti Pemilu 2024 akan keras, orangtua harus terus membimbing yang muda, amankan daerah pemilihan. Akhirnya saya mendaftar di detik-detik terakhir itu," paparnya.

Menurut Hok, dirinya konsisten maju di DPRD Kabupaten Semarang, karena merasa belum maksimal memerjuangkan aspirasi masyarakat.

"Banyak yang tanya juga, kenapa tidak ke DPRD Provinsi atau pusat, lha di Ambarawa saja masih banyak masalah, masak ya ditinggal. Tugas saya mengawal aspirasi masyarakat," ujarnya.

Hok juga merasa, dirinya sebagai etnis Tionghoa, tidak membatasi pergaulan.

Baca juga: PDI-P dan PKB Kuasai Kursi DPRD Kabupaten Malang

"Pemilih saya yang banyak itu malah dari teman muslim, komunitas gereja. Jadi tidak ada masalah dan etnis bukan penghalang untuk mengabdi ke bangsa ini," tegas Hok.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com