Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pohon Besar Tumbang Timpa Rumah Warga, 7 Orang Terluka

Kompas.com - 27/12/2017, 16:30 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Sebuah pohon tua dan lapuk tumbang saat angin kencang yang melanda Kota Makassar, Rabu (27/12/2017) sekitar pukul 09.00 Wita.

Dalam kejadian itu, dua rumah warga di Jalan Urip Sumoharjo, Km 5, Kelurahan Panaikang, Kecamatan Panakukang, tertimpa batang pohon besar yang mengakibatkan 7 orang terluka.

Adapun korban yang luka parah yang dirawat di RS Ibnu Sina, yakni Hastuti (38), Sinar (18), Mursalim (18), Andi Aksan (14), Dwi Lestari (12), dan Trisan (9). Keenamnya berada di dalam rumah saat pohon besar tumbang.

Sedangkan seorang korban lainnya, Daeng Mantang (56) yang merupakan tetangga Hastuti menderita luka ringan dan tidak dirawat di rumah sakit. Hanya saja, sebagian badan rumah Mantang rusak akibat ikut tertimpa pohon.

Ketua RW 06, Muhammad Yusuf, mengatakan, pohon besar itu sudah tua dan lapuk, sehingga mudah ambruk ketika diterjang angin kencang.

"Ada 6 korban memang mengalami luka yang cukup parah, karena batang pohon besar langsung menimpa seluruh rumahnya. Sedangkan rumah Daeng Ngintang, hanya sebagian rumahnya yang tertimpa," katanya.

Baca juga : Banjir dan Angin Kencang di Makassar, Pohon Tumbang dan Tembok Roboh

Kepala Polsekta Panakukang, Kompol Ananda Harahap yang ditemui di lokasi kejadian mengatakan, keenam korban yang luka parah tertimbun reruntuhan pohon dan rumah. Korban bisa dievakuasi setelah reruntuhan dipindahkan.

"Batang pohon dipotong-potong dan barang-barang yang menimbun korban dipindahkan semua. Barulah korban bisa dievakuasi dan langsung dibawa ke RS Ibnu Sina," ungkapnya.

Menurut informasi yang diperoleh, sambung Ananda Harahap, rumah tersebut sudah ketiga kalinya tertimpa pohon besar, karena lokasinya terdapat banyak pohon besar.

"Sudah tiga kali itu rumah katanya ditimpa pohon, tapi baru kali ini ada korban. Menurut keterangan warga, sudah sering dikeluhkan itu, tapi belum ada tindakan dari pemerintah," katanya.

Baca juga : Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Mobil Warga

Sementara itu, Camat Panakukang, Muhammad Thamrin yang dikonfirmasi mengatakan, pihaknya baru setahun menjabat di wilayah tersebut. Dia pun sudah pernah mendapat laporan dari warga soal seringnya rumah tertimpa pohon di Panaikang.

"Ini sudah mau ditebang semua pohon-pohon besar. Masih ada lagi pohon lebih besar di dekat-dekat rumah warga itu. Sudah ada bantuan disalurkan dari BPBD," tuturnya.

Kompas TV Hujan deras serta angin kencang membuat sebuah pohon tumbang dan merusak sejumlah kendaraan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com