Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

54 Motor dan 8 Warung Kopi di Gresik Ludes Terbakar

Kompas.com - 21/12/2017, 15:24 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Tidak lebih dari dua jam, api membakar delapan bangunan semi permanen dan 54 unit sepeda motor, dalam kebakaran yang terjadi di Desa Sukomulyo, Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur, Kamis (21/12/2017) dini hari.

Delapan bangunan semi permanen tersebut dijadikan warung kopi (warkop). Sedangkan 54 unit motor yang terbakar semuanya terparkir di salah satu lahan tak jauh dari bangunan yang terbakar.

“Selain delapan warkop, salah satu sudut memang ada lahan parkir yang sehari-hari digunakan untuk parkir motor para pekerja mi sedap. Jadi semua motor yang terbakar itu milik karyawan mi sedap yang kebetulan masuk malam atau sif tiga,” ujar Ali (56), salah satu warga, Kamis (21/12/2017).

Menurut Ali, kebakaran tersebut terjadi pada dini hari dan tidak sampai memakan korban jiwa. Api diduga berasal dari kebocoran tabung gas di salah satu warkop di lahan seluas 40 meter x 15 meter tersebut.

“Sempat terdengar beberapa kali ledakan juga, kan setiap warung ada tabung elpiji. Mungkin juga dari sepeda motor yang terbakar, karena sepeda motor kan ada tabung bahan bakarnya juga, sedikit beruntung karena tidak sampai ada korban jiwa,” terangnya.

Baca juga : Akibat Bermain Petasan, Sembilan Ruko di Papua Terbakar

Kasat Reskrim Polres Gresik, AKP Adam Purbantoro, mengatakan, setelah anggota melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan penuturan para saksi, api bermula dari kebocoran tabung elpiji di salah satu warko. Api kemudian cepat membesar dan membakar warkop lain yang ada di sekitarnya, termasuk lahan parkiran yang tengah dipenuhi sepeda motor.

Sebagai langkah antisipasi untuk keperluan olah TKP, pihak kepolisian saat ini memasang garis polisi di sekitar tempat kejadian.

“Terus diselidiki oleh anggota, termasuk mendata siapa saja pemilik sepeda motor yang terbakar tersebut, serta siapa saja pemilik warkop yang buka di sana,” pungkasnya.

Kompas TV Dugaan sementara, api berasal dari hubungan pendek arus listrik.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com