Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perompak Kerap Beraksi di Perairan Cilacap, Polisi Air Tingkatkan Patroli

Kompas.com - 31/10/2017, 11:41 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

CILACAP, KOMPAS.com - Dua upaya percobaan perompakan terjadi di sejumlah tempat di perairan Cilacap, Jawa Tengah, baru-baru ini.

Meski akhirnya dapat digagalkan, namun para terduga pelaku yang beroperasi saat menjelang pagi tersebut berhasil melarikan diri dan masih menjadi ancaman kapal-kapal yang tambat di Cilacap.

Kepala Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Cilacap, Ajun Komisaris Huda Syafi’i, saat dihubungi Selasa (31/10/2017) mengatakan, kasus perompakan yang acap kali terjadi lebih menyasar kapal-kapal besar yang tengah engker atau lego jangkar.

Perompak ini beraksi menggunakan perahu katir sekitar pukul 03.00 WIB menjelang pagi. Mereka beroperasi di sekitar obyek vital nasional seperti Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap untuk mencuri onderdil kapal-kapal besar yang sedang lego jangkar,” katanya.

Oleh sebab itu, saat ini Satpolair mengintensifkan patroli di sejumlah obyek vital nasional seperti Pelabuhan Tanjung Intan, PLTU, hingga wilayah industri Pertamina.

Kendati demikian, ramainya lalu-lintas perkapalan di Cilacap, ditambah luas wilayah yang mencakup perbatasan Kebumen hingga Jawa Barat menambah berat tugas kepolisian.

“Setiap hari ada belasan kapal yang antre lego jangkar di Cilacap, sasaran kami juga pemeriksaan dokumen kapal baik yang berbendera Indonesia maupun asing,” ujarnya.

Baca juga : TNI AL Bekuk Komplotan Perompak di Perairan Ambalat

Saat ini, Satpolair Polres Cilacap memiliki tiga kapal jenis C-3 dan satu perahu karet. Kapal dengan ukuran panjang 6 meter dan lebar maksimal 3 meter ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 20 knot, dan kapasitas penumpang maksimal 4 orang.

Mesin penggerak C-3 menggunakan mesin bensin tempel 85 HP dengan tangki BBM bisa memuat hingga 300 liter. Dengan spesifikasi tersebut, kapal patroli ini bisa digunkan untuk berpatroli di sungai-sungai kecil dan dangkal dan laut lepas.

Baca juga : Waspadai Perompak dan Napi Kabur di Cilacap, Patroli Laut Ditingkatkan

Untuk respons cepat pelayanan Satpolair Polres Cilacap, masyarakat dapat menghubungi (0282) 533352 serta email: satpolaircilacap@yahoo.co.id.

Kompas TV Sang pengamen melihat aksi Geng Kapak yang sedang menodong sopir truk kontainer
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com