Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Renta Ditemukan Sakit Tergeletak di Tanah

Kompas.com - 14/02/2017, 07:25 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Seorang nenek ditemukan dalam kondisi sakit dan tertidur di atas tanah di rumahnya, Dusun Tuksongo II RT 02/RW 05, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Wanita renta bernama Urip itu ditemani oleh suaminya yang telah lanjut usia.

Keadaan rumahnya terlihat mengenaskan, berdinding pagar bambu yang sudah reot, berantakan dan sangat jauh dari kata rumah layak huni.

Kondisi Urip terekam dalam sebuah video yang tiba-tiba viral dan mengejutkan warga Magelang dan sekitarnya, pada Senin (13/2/2017) malam.

Video berdurasi 45 detik itu pertama kali diunggah oleh akun instagram @cakbudi_ pada Sabtu sore.

Dalam keterangan video itu, akun @cakbudi_ menceritakan bahwa Urip ditemukan pertama kali oleh Andi Syarif, petugas pembuat KTP elektronik yang sedang mendatangi rumahnya. Selama ini Urip tidak hadir untuk rekam foto.

"Betapa terkejutnya beliau (Andi) mendapati Mbah Urip sedang tergeletak sakit di atas tanah di dalam rumahnya," tulis Cak Budi dengan menyertakan emotikon menangis.

 

BANTU SHARE #MAGELANG . . Siang itu pak andi syarif selaku petugas pembuatan e-ktp daerah setempat mendatangi beberapa warga yang tidak bisa hadir untuk foto e-ktp. . di dsn. Tuksongo II Rt:02 Rw:05 kec. Borobudur Kab. Magelang . Betapa terkejutnya beliau mendapati salah satu warga lansia bernama mbah urip sedang tergeletak sakit di atas tanah didalam rumahnya. ???????? . . Dari keterangan mbah marto selaku suami dari mbah urip bahwa mbah marto sudah sakit selama 2 tahun dan tdk bisa apa-apa dan hanya tergeletak di tanah dalam rumahnya. mereka punya 3 anak tapi sudah meninggal semua. ???? mengetahui keadaan seperti itu pak andy memanggil warga dan mengangkat mbah urip untuk di pindah ke depan di atas tempat tidur yg hanya beralaskan tikar saja. . . Semoga pihak pemerintah dan dinsos setempat bisa segera mendatangi mbah urip ini. gak tegaaa ???????? . . #suisbapeduli

A video posted by Cak Budi (@cakbudi_) on Feb 12, 2017 at 10:31pm PST

Dari keterangan Mbah Marto, suami Urip, bahwa pasangannya sudah sakit selama dua tahun dan tidak bisa apa-apa. Wanita itu hanya tergeletak tanpa alas tidur apa pun.

"Mereka punya tiga anak, tapi sudah meninggal semua," ujar Cak Budi.

Mengetahui keadaan seperti itu, Andi lantas memanggil warga dan mengangkat Urip untuk di pindah ke depan di atas tempat tidur yang hanya beralaskan tikar.

Dalam video itu juga terlihat beberapa orang wanita yang bergotongan mengangkat Urip dari atas tanah ke tempat tidur.

"Semoga pihak pemerintah dan dinsos setempat bisa segera mendatangi Mbah Urip ini, ga tega," tulis Cak Budi.

Hingga Senin malam, video pendek tersebut sudah dilihat netizen sebanyak 19.635 kali dan dibagikan puluhan kali.

Ratusan komentar netizen membanjiri video tersebut yang rata-rata menyatakan keprihatinannya atas kondisi pasangan lansia itu.

Akun @fentyahmad06, misalnya, mengatakan "Sedih banget yah Allah berikan mereka kekuatan, rezeki, dan sehatkan ya Allah, amin".

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com