Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angin Kencang, Nelayan di Gunung Kidul Hentikan Aktivitas Melaut

Kompas.com - 08/02/2017, 11:59 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com - Karena kondisi angin tak bersahabat, nelayan di Pelabuhan Sadeng, Girisubo, Gunung Kidul, menghentikan aktivitas melaut untuk sementara.

Para nelayan sudah tidak melaut selama dua minggu terakhir. Salah satu nelayan Pelabuhan Sadeng, Sarpan, menyampaikan, selama lebih kurang dua minggu ini, angin di laut tidak bersahabat untuk aktivitas mencari ikan.

"Tiupan angin kencang sekali, sedang tidak bersahabat. Sudah dua minggu ini," ucap Sumadi, Selasa (7/2/2017).

Sumadi mengaku terpaksa tidak melaut untuk sementara waktu, menunggu angin kembali stabil.

"Dua minggu, saya dan para nelayan di sini tidak mencari ikan. Bahaya kalau nekat. Ada yang berangkat, malah rugi jutaan rupiah, tidak dapat ikan," ungkapnya.

Suparlan, salah satu nelayan, menuturkan, selama dua minggu ini, dia dan nelayan lainnya hanya mengisi waktu dengan memperbaiki alat tangkapan dan kapal sembari menunggu kondisi angin stabil.

"Kalau sekarang nelayan hanya bisa memperbaiki peralatan dan kapal. Semoga kondisi angin kembali stabil, jadi bisa melaut lagi," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com