Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Ditangkap, 2 Napi LP Nusakambangan yang Kabur Ditempatkan Terpisah

Kompas.com - 01/02/2017, 15:04 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Salah satu narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Nusakambangan ditangkap oleh tim gabungan.

Narapidana bernama Husain itu ditangkap di sekitar lapangan tenis, tidak jauh dari LP Batu Nusakambangan, Rabu (1/2/2017) sekitar pukul 04.45 WIB.

Sutrisman, Direktur Keamanan dan Ketertiban Direktorat Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM menjelaskan, narapidana kasus narkotika itu melarikan diri sejak sepekan lalu dari LP Batu dengan cara melompat dinding kamar.

"Sepekan setelah napi ini kabur kami langsung melakukan pencarian. Sejak awal kami sudah sangat yakin yang bersangkutan masih berada di lingkungan LP Nusakambangan," ujar Sutrisman, di LP Kelas II A Kota Magelang, Jawa Tengah, Rabu (1/2/2017).

Baca juga: Semua Napi Lapas Nusakambangan yang Kabur Telah Tertangkap

Sebelumnya, pada Senin (30/1/2017), tim juga telah menangkap kembali napi lainnya bernama Sarjani, yang juga kabur bersama Husain. Sarjani ditangkap saat bersembunyi di atas plafon sebuah masjid tidak jauh dari LP Besi Nusakambangan.

"Jadi dua napi yang kabur sudah ditangkap semua. Mereka sekarang sudah kami pisah (dengan napi lain), masih di Nusakambangan tapi di ruangan khusus. Husain di LP Batu, sedangkan Sarjani di LP Besi," ujar Sutrisman.

Pasca-kaburnya dua napi tersebut, pihaknya berjanji akan melakukan evaluasi dan pengawasan lebih ketat di LP Nusakambangan, antara lain dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan perbaikian sistem informasi teknologi (IT).

"Tentu kami kan melakukan evaluasi sistem pengamanan, dari segi SDM sampai IT," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com