Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disdik Baubau Wajibkan Kepala Sekolah Muslim Bisa Baca Al Quran

Kompas.com - 14/12/2016, 17:35 WIB
Defriatno Neke

Penulis

BAUBAU, KOMPAS.com – Mulai tahun 2016 ini, Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, mewajibkan seluruh kepala sekolah yang beragama Islam untuk bisa membaca Al Quran.

Hal ini untuk pembinaan akhlak yang dimulai dari kepala sekolah.

“Pimpinan itu harus jadi panutan. Kepala sekolah bagi yang beragama Islam harus tahu mengaji, saya anjurkan demikian, walaupun dalam aturan nasional tidak ada,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Baubau, Masri, Rabu (14/12/2016).

Bila setiap tahunnya terdapat perlombaan dangdutan buat para kepala sekolah, kini diubah menjadi perlombaan mengaji. Perlombaan mengaji juga diikuti kepala sekolah mulai dari tingkat taman kanak-kanak hingga SMA.

“Calon kepala sekolah harus face to face. Kalau Islam harus tahu mengaji, bila belum tahu mengaji, jangan dulu menjadi kepala sekolah,” ujarnya.

Selain itu, Dinas Pendidikan juga menerapkan aturan agar seluruh siswa sekolah dasar yang beragama Islam bisa membaca Al Quran dengan baik.

“Tahun ini sudah instruksikan kepada semua sekolah tidak boleh menamatkan siswa SD yang tidak tahu mengaji bagi yang beragama Islam,” ucap Masri.

Ia juga mewajibkan di semua sekolah di Kota Baubau harus mempunyai Taman Pengajian Al Quran, dan ruangan untuk shalat. Bagi anak SMP harus menggunakan celana panjang agar memudahkan shalat nantinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com